DetikNews
Kamis 08 Februari 2018, 18:13 WIB

Presiden Korsel Akan Makan Siang dengan Adik Perempuan Kim Jong-Un

Novi Christiastuti - detikNews
Presiden Korsel Akan Makan Siang dengan Adik Perempuan Kim Jong-Un Kim Yo-Jong (REUTERS/Damir Sagolj/File Photo)
Seoul - Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-In akan makan siang bersama delegasi Korea Utara (Korut) dalam rangka Olimpiade Musim Dingin. Kim Yo-Jong yang merupakan adik perempuan pemimpin Korut, Kim Jong-Un, masuk dalam delegasi itu.

Seperti dilansir CNN dan kantor berita Korsel, Yonhap, Kamis (8/2/2018), Moon dijadwalkan bertemu dengan delegasi Korut pada Sabtu (10/2) waktu setempat. Namun Istana Kepresidenan Korsel atau Blue House tidak menyebut lebih lanjut lokasi pertemuan.

Juru bicara Blue House, Kim Euikyeom, hanya menyebut bahwa Moon akan makan siang bersama delegasi Korut usai pertemuan itu. "Presiden Moon berencana menggelar pertemuan dan makan siang bersama delegasi Korea Utara pada 10 Februari," ucapnya.

Delegasi Korut akan dipimpin oleh Kim Yong-Nam selaku kepala negara simbolis Korut. Kim Yong-Nam yang merupakan salah satu politikus paling berpengaruh di Korut tersebut, juga menjabat sebagai Ketua Parlemen Korut.


Adik perempuan Kim Jong-Un, Kim Yo-Jong (28), akan hadir mendampingi ketua delegasi Korut. Diketahui saat ini bahwa Kim Yo-Jong menjabat Wakil Direktur Departemen Propaganda dan Agitasi pada Partai Pekerja Korut. Departemen yang dipimpinnya menangani penyaluran pesan-pesan ideologi melalui media, seni dan budaya.

Selain kedua nama di atas, pejabat tinggi Korut lainnya seperti Choe Hwi yang merupakan Ketua Komisi Olahraga Nasional Korut dan Ri Son-Gwon yang memimpin perundingan antar-Korea pekan lalu, juga akan ikut hadir.

Telah diinformasikan otoritas Korut kepada Korsel bahwa delegasi mereka, termasuk Kim Yo-Jong, akan terbang dengan pesawat pribadi dari Pyongyang ke Bandara Internasional Incheon, Seoul pada Jumat (9/2) sore waktu setempat.

Pertemuan Moon dengan delegasi Korut itu digelar sehari setelah mereka menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2018. "Delegasi tingkat tinggi Korea Utara akan menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin PyeongChang pada 9 Februari," sebut Kim Euikyeom.


Olimpiade Musim Dingin akan digelar mulai 9 hingga 25 Februari mendatang. Korut sepakat mengirimkan 22 atletnya untuk bertanding dalam event olahraga internasional ini. Keputusan Korut ikut serta Olimpiade merupakan dampak dari terjalinnya kembali dialog dengan Korsel yang terputus sejak 2 tahun terakhir.

Kehadiran adik Kim Jong-Un ke Korsel ini memicu spekulasi soal terobosan diplomatik antara dua Korea. Namun sumber-sumber diplomatik yang memahami aktivitas Korut menuturkan kepada CNN, pengiriman Kim Yong-Nam dan Kim Yo-Jong ini hanyalah 'aksi simbolis' dari Korut, bukan inisiatif diplomatik konkret.

Sumber ini menyebut, dengan upaya diplomatik Korut yang 'nyaris nol' maka bisa jadi ini menjadi isyarat situasi 'tenang sebelum badai' dengan Korut diam-diam mempersiapkan langkah selanjutnya usai Olimpiade selesai digelar.

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed