DetikNews
Kamis 08 Februari 2018, 09:54 WIB

Rekor! Ketua Minoritas DPR Amerika Pidato Selama 8 Jam

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rekor! Ketua Minoritas DPR Amerika Pidato Selama 8 Jam Nancy Pelosi saat pidato maraton 8 jam (Foto: U.S. House TV/Handout via Reuters)
Washington - Ketua Minoritas Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat, Nancy Pelosi mencatat sejarah dengan menyampaikan pidato terlama di sidang parlemen. Tidak tanggung-tanggung, politikus Partai Demokrat itu berpidato maraton selama delapan jam lebih! Ini merupakan rekor pidato terlama di DPR AS dalam waktu 108 tahun terakhir.

Wanita yang akan genap berumur 78 tahun bulan depan tersebut, berada di podium pada Rabu (7/2) pukul 10.04 waktu setempat dan mulai berpidato. Dia pun terus berbicara. Dan berbicara. Dan berbicara.

[Gambas:Video 20detik]


Sampai akhirnya, seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (8/2/2018), setelah delapan jam dan tujuh menit kemudian, tepatnya pada pukul 18.11 waktu setempat, dia mengakhiri pidatonya. Menurut asistennya, selama delapan jam berpidato, politikus veteran asal California itu terus berdiri dengan menggunakan sepatu heel-nya setinggi 10 cm dan hanya minum air putih sesekali.

Selama 8 jam, wanita itu terus berbicara untuk melindungi para migran muda yang tak memiliki surat-surat agar tidak dideportasi dari Amerika.

Usai pidatonya, para koleganya dari Partai Demokrat langsung tos dengan Pelosi dan berdiri sambil bertepuk tangan (standing ovation).

"Saya baru saja mendapat kabar bahwa para ahli sejarah DPR mengkonfirmasi bahwa saya telah mencatat rekor untuk pidato terus-menerus paling lama di DPR sejak setidaknya tahun 1909," tutur Pelosi.

Pelosi pernah dilantik menjadi Ketua DPR ke-60 pada Januari 2007 lalu. Saat itu dia merupakan wanita pertama yang menjabat jabatan tersebut. Di parlemen, Pelosi telah mewakili Distrik ke-8 dari negara bagian California sejak 6 Januari 1987.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed