DetikNews
Rabu 07 Februari 2018, 13:54 WIB

Trump Ingin Parade Militer Digelar di Washington, Pamer Kekuatan?

Novi Christiastuti - detikNews
Trump Ingin Parade Militer Digelar di Washington, Pamer Kekuatan? Donald Trump (REUTERS/Win McNamee/Pool)
Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump ingin parade militer digelar di Washington DC. Gedung Putih dilaporkan sedang merencanakan parade militer yang sama seperti yang pernah disaksikan Trump saat perayaan Bastille Day di Paris, Prancis pada Juli 2017 lalu.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (7/2/2018), keinginan Trump untuk menggelar parade militer ini diungkapkan oleh media ternama AS, The Washington Post, dalam laporannya pada Selasa (6/2) waktu setempat.

Disebutkan The Washington Post, dalam rapat di Pentagon atau Departemen Pertahanan AS pada 18 Januari lalu, Trump mengatakan dirinya menginginkan sebuah parade militer untuk menunjukkan kekuatan militer AS. Rapat dihadiri juga oleh Menteri Pertahanan James Mattis dan Kepala Staf Gabungan Jenderal Joseph Dunford. The Washington Post mendasarkan laporannya pada sumber pejabat militer AS yang enggan disebut namanya.

"Perintah gerakan adalah: Saya ingin sebuah parade seperti yang ada di Prancis," ucap pejabat militer AS itu seperti dikutip The Washington Post. "Ini sedang diupayakan oleh level tertinggi militer," imbuhnya.


Setelah laporan The Washington Post diterbitkan, Gedung Putih memberikan tanggapan. Disebutkan bahwa Trump 'telah meminta Departemen Pertahanan untuk menjajaki sebuah perayaan saat semua warga Amerika bisa menunjukkan apresiasi mereka'.

Dilaporkan The Washington Post, seorang pejabat Gedung Putih yang enggan disebut namanya menyebut perencanaan parade militer itu masih dalam tahap 'mengumpulkan gagasan' dan belum ada keputusan apapun.

Kepada Reuters, seorang juru bicara Pentagon menyebut pihaknya menyadari adanya permintaan parade militer, namun masih sebatas penjajakan kemungkinan, termasuk soal waktu.

Dalam pernyataan kepada wartawan pada September tahun lalu, Trump mengakui dirinya terkesan dengan parade militer yang disaksikannya di Paris pada 14 Juli saat Bastille Day. Rentetan tank, kendaraan lapis baja dan jet-jet tempur militer dipamerkan. Tentara AS juga ikut dalam parade yang juga menandai 100 tahun AS ikut dalam Perang Dunia I.

"Kita mungkin akan melakukan hal seperti itu pada 4 Juli di Washington, di sepanjang Pennsylvania Avenue. Kita masih mempertimbangkannya," ucap Trump kepada wartawan saat itu.


AS sendiri sebelumnya pernah memamerkan kendaraan dan persenjataan militer secara besar-besaran dalam beberapa kesempatan, termasuk untuk memperingati kemenangan dalam perang di masa lalu. Namun parade melibatkan tank dan tentara berbaris di Pennsylvania Avenue, Washington DC tidak biasanya digelar saat perayaan Kemerdekaan AS.

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed