DetikNews
Senin 05 Februari 2018, 03:02 WIB

Korban Insiden di Carolina Bertambah, Gedung Putih Sampaikan Duka

Tsarina Maharani - detikNews
Korban Insiden di Carolina Bertambah, Gedung Putih Sampaikan Duka Foto: Kereta Amtrak yang kecelakaan di Carolina Selatan. (REUTERS/Randall Hill)
Jakarta - Tabrakan dua kereta yang terjadi di Carolina Selatan, Amerika Serikat (AS), menyebabkan dua korban tewas dan 116 luka-luka. Juru Bicara Gedung Putih, Lindsay Walters pun menyampaikan bela sungkawa atas kejadian tersebut.

Dilansir dari AFP, Senin (5/2/2018), Presiden AS Donald Trump sudah mendengar mengenai insiden ini. Trump saat ini tengah berada di Florida dan meminta Lindsay untuk mengeluarkan pernyataan resmi dari Gedung Putih.

"Kami turut berduka cita atas apa yang terjadi dalam insiden tersebut," tutur Lindsay, Minggu (4/2) waktu setempat.

Selain itu, salah satu anggota Senat AS, Tim Scott juga menyatakan duka cita atas tabrakan yang melibatkan kereta penumpang Amtrak dan kereta barang itu. Ia menuliskan itu lewat akun twitter-nya.

"Doa saya menyertai para keluarga korban kecelakaan kereta pagi ini. Saya juga doakan yang terbaik untuk ara korban luka. Carolina Selatan bersamamu," cuit Tim Scott.


Gubernur Carolina Selatan, Governor Henry McMaster menyebut ada 116 penumpang kereta yang terluka akibat peristiwa ini. Para penumpang itu saat ini telah dievakuasi ke rumah sakit terdekat.

"Total 116 orang sudah dibawa ke rumah sakit. Kebanyakan mengalami luka ringan," ucap McMaster kepada wartawan di lokasi kecelakaan.

Dua korban tewas dalam kecelakaan tersebut adalah masinis kereta Amtrak, Michael Kempf (54) dan konduktor kereta Michael Cella (36). McMaster menyatakan kereta Amtrak salah jalur sehingga menabrak kereta barang CSX.


Seperti diketahui, kereta Amtrak 91 bertabrakan dengan kereta barang dari operator CSX pada Minggu (4/2) pukul 02.35 dini hari waktu setempat. Lokasi kejadian berada di Kota Cayce, tepat di luar ibu kota Carolina Selatan, Columbia. Kereta rute New York-Miami ini membawa 139 penumpang dan 3 awak.

Sebelumnya disebutkan korban luka hanya 70 orang. Saat ini seluruh korban luka telah dilarikan ke rumah sakit.

Kepolisian setempat menyatakan telah menyiapkan empat bus bagi para korban. Bus ini untuk melanjutkan perjalanan penumpang hingga sampai ke Miami.
(tsa/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed