DetikNews
Minggu 04 Februari 2018, 03:00 WIB

Pilot Rusia Tewas Usai Pesawat Tempurnya Ditembak Jatuh di Suriah

Haris Fadhil - detikNews
Pilot Rusia Tewas Usai Pesawat Tempurnya Ditembak Jatuh di Suriah Ilustrasi Pesawat Tempur (Foto: Tomasz Stanczak/Agencja Gazeta/REUTERS)
Idlib - Seorang pilot Rusia tewas setelah pesawat tempurnya jatuh di atas provinsi Idlib, Suriah. Pesawat tersebut ditembak jatuh oleh pasukan pemberontak.

Dilansir AFP, Minggu (4/2/2018), pesawat Sukhoi Su-25 itu ditembak dan pilot tersebut sempat turun menggunakan parasut.

"Pilot tersebut tewas saat melawan pemberontak yang telah menembak jatuh pesawatnya dan membuatnya tertawan," kata Kepala Observatorium untuk Hak Asasi Manusia Suriah, Rami Abdel Rahman.

Namun, Abdel Rahman tidak bisa menjelaskan faksi garis keras mana yang terlibat. Ia hanya mengatakan jihadis Hayat Tahrir al-Sham (HTS) aktif di daerah tersebut.

Pihak Rusia juga mengkonfirmasi kematian pilot tersebut. Daerah lokasi tewasnya pilot tersebut berada di bawah kendali pejuang Front Al-Nusra yang merupakan bekas cabang Al-Qaeda di Suriah.

"Sebuah pesawat Su-25 Rusia jatuh saat penerbangan melewati zona de-eskalasi Idlib. Pilot memiliki cukup waktu untuk mengumumkan bahwa dia telah keluar ke zona tersebut," kata pihak kementerian pertahanan Rusia.
(haf/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed