Bom Perang Dunia II Ditemukan di Hong Kong, Ribuan Orang Dievakuasi

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 01 Feb 2018 15:24 WIB
sebuah bom era Perang Dunia II ditemukan di distrik Wan Chai, Hong Kong (Foto: AFP)
Hong Kong - Sebuah bom era Perang Dunia II ditemukan di Hong Kong. Akibatnya, jalan-jalan di distrik komersial sibuk itu pun ditutup dan ribuan orang dievakuasi dari toko-toko, hotel-hotel dan kantor-kantor sekitarnya.

Ini merupakan kedua kalinya dalam sepekan, sebuah bom Amerika yang dijatuhkan saat Perang Dunia II telah ditemukan di lokasi pembangunan pelabuhan di distrik Wan Chai. Sebelumnya, sebuah bom seberat 450 kg yang ditemukan di lokasi yang sama, berhasil dijinakkan pada Sabtu (27/1) lalu.

Polisi telah menutup jalan-jalan di sebagian distrik Wan Chai setelah seorang pekerja konstruksi menemukan bom tersebut pada Rabu (31/1) pagi waktu setempat. Sekitar 4 ribu orang dievakuasi dan layanan kapal feri di Pelabuhan Victoria dihentikan seiring para ahli penjinak bom bekerja hingga malam hari untuk menjinakkan bahan peledak.

"Operasi penjinakan bom adalah kotor, sulit dan berbahaya. Dalam kasus khusus ini, ketiganya benar," kata ahli penjinak bom Alick McWhirter kepada para wartawan seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (1/2/2018).

Bom-bom era perang yang tidak meledak ataupun granat kerap ditemukan para pejalan kaki atau pekerja bangunan di Hong Kong. Kota di China selatan itu pernah menjadi lokasi pertempuran ganas antara pasukan Jepang dan Inggris cs pada tahun 1941.

Sebelumnya pada tahun 2014, polisi Hong Kong menjinakkan sebuah bom era Perang Dunia II yang beratnya nyaris mencapai satu ton. Itu merupakan temuan bom terbesar di kota tersebut.

[Gambas:Video 20detik]

(ita/ita)