DetikNews
Senin 29 Januari 2018, 10:16 WIB

Putri Pangeran Alwaleed Posting Foto Ayahnya Usai Bebas

Novi Christiastuti - detikNews
Putri Pangeran Alwaleed Posting Foto Ayahnya Usai Bebas Pangeran Alwaleed bin Talal (Twitter/@Reem_Alwaleed)
Riyadh - Putri miliarder Arab Saudi Pangeran Alwaleed bin Talal, Reem binti Alwaleed, mengungkapkan kebahagiaannya lewat Twitter setelah sang ayah dibebaskan. Reem bahkan menyertakan foto terbaru sang ayah.

"Ayah menerangi dunia, Ayah adalah segalanya bagi saya," tulis Reem dalam postingan Twitter-nya pada Minggu (28/1) waktu setempat, seperti dilansir AFP, Senin (29/1/2018). Reem merupakan anak kedua Alwaleed dari istri pertamanya, Dalal binti Saudi yang merupakan putri dari mendiang Raja Saudi Saud.

Alwaleed yang dijuluki 'Warren Buffett-nya Arab Saudi' merupakan tokoh paling terkenal yang ditahan terkait dugaan korupsi sejak 4 November lalu. Dia merupakan salah satu dari 350 orang, yang terdiri atas para pengusaha dan menteri Saudi, yang ditahan di hotel mewah Ritz-Carlton, Riyadh.

Operasi pemberantasan korupsi yang menjerat Alwaleed dicetuskan oleh putra mahkota Saudi, Pangeran Mohammad bin Salman.


Setelah ditahan selama 3 bulan, Alwaleed resmi dibebaskan pada Sabtu (27/1) waktu setempat, usai mencapai kesepakatan finansial dengan otoritas Saudi. Tidak diketahui pasti apa isi kesepakatan itu.

"Jaksa Agung pagi ini menyetujui penyelesaian dengan Pangeran Alwaleed bin Talal," tutur seorang sumber pemerintah Saudi yang enggan disebut identitasnya kepada AFP, merujuk pada alasan pembebasan Alwaled.

Nama Alwaleed masuk jajaran orang terkaya dunia, dengan Forbes memperkirakan harta kekayaannya mencapai US$ 18,7 miliar. Dia merupakan direktur dan pemilik perusahaan investasi nasional, Kingdom Holding.

Dalam wawancara dengan Reuters sebelum dia dibebaskan, Alwaleed tetap menyatakan dirinya tak bersalah atas tuduhan korupsi. Dikatakannya, dia kemungkinan bakal tetap memegang penuh kendali atas Kingdom Holding Co tanpa diwajibkan menyerahkan aset-aset ke pemerintah.


Alwaleed juga menegaskan, dirinya diperlakukan dengan baik selama dalam penahanan. Dia juga membantah laporan yang menyebutkan dirinya dipindahkan dari hotel mewah Ritz-Carlton ke sebuah penjara.

Sebelumnya pada akhir November 2017, Pangeran Miteb bin Abdullah (65) menjadi salah satu Pangeran Saudi yang dibebaskan usai menyepakati penyelesaian. Salah satu penyelesaian itu melibatkan pembayaran lebih dari US$ 1 miliar (sekitar Rp 13,3 triliun) ke pemerintah Saudi.
(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed