Cerita 'Macan Kecil' Ungkap Kasus Pembunuhan di Malaysia

Aditya Mardiastuti - detikNews
Jumat, 26 Jan 2018 11:18 WIB
Xiao Hu diberi penghargaan atas jasanya mengungkap kasus pembunuhan kurang dari 24 jam (Foto: dok. The Star)
Xiao Hu diberi penghargaan atas jasanya mengungkap kasus pembunuhan kurang dari 24 jam (Foto: dok. The Star)
Melaka - Kurang dari 24 jam, tiga pelaku pembunuhan seorang remaja di Malaysia ditangkap. Kasus itu terungkap berkat jasa Xiao Hu anjing K-9 Kepolisian Malaysia.

Dilansir The Star, Jumat (26/1/2018), Xiao Hu atau bermakna Macan Kecil merupakan anjing herder di unit K9 Polisi Melaka. Menurut sang pawang, Welster Amit anjing herder itu dibawa dari China pada 2010 lalu.

"Anjing ini bisa memahami perintah yang diberikan dalam Bahasa Malaysia," pujinya.

Atas jasanya itu, Xiao Hu pun mendapat penghargaan medali dan sertifikat dari Kepala Kepolisian Negara Bagian Komisaris Datuk Abd Jalil Hassan. Penghargaan itu diberikan pada saat pertemuan bulanan yang digelar Kamis (25/1).

"Berkat kepandaianannya, anjing ini berhasil melacak barang bukti yang mengarahkan ke tiga pelaku kurang dari 24 jam," kata DCP Abd Jalil kepada wartawan di kantornya di Bukit Beruang.

Kasus itu mengarah pada keterlibatan pembunuhan siswa Form Four akhir bulan lalu. DCP Abd Jalil mengatakan para pelaku telah disangkakan pasal pembunuhan.

Dilaporkan pelaku pembunuhan itu adalah tiga pria berusia antara 33-39 tahun, termasuk paman korban. Sebelum dibunuh, si paman diduga sempat memukul keponakannya karena mencuri uang milik kakeknya.

Video yang menunjukkan gambaran penganiayaan bocah itu menjadi viral di media sosial. Video itu menunjukkan bocah dipukuli dengan selang taman dan tongkat. Bocah itu sempat dilarikan ke rumah sakit sebelum akhirnya meninggal sekitar 1,5 jam kemudian. (ams/imk)