DetikNews
Selasa 23 Januari 2018, 16:52 WIB

Kapal Pencari MH370 Tiba di Zona Pencarian Baru Samudera Hindia

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kapal Pencari MH370 Tiba di Zona Pencarian Baru Samudera Hindia Foto: Australia Plus ABC
Kuala Lumpur - Sebuah kapal yang disewa untuk kembali mencari pesawat Malaysia Airlines MH370, telah tiba di kawasan terpencil di Samudera Hindia, tempat di mana pesawat tersebut diyakini jatuh oleh para ilmuwan Australia.

Penerbangan MH370 hilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur, Malaysia menuju Beijing, China pada Maret 2014 lalu. Pesawat tersebut mengangkut 239 orang, yang sebagian besar merupakan warga China.

Awal bulan ini, pemerintah Malaysia setuju untuk membayar perusahaan Amerika Serikat, Ocean Infinity hingga US$ 70 juta jika berhasil menemukan pesawat tersebut dalam waktu 90 hari. Kapal pencari, Seabed Constructor, telah bertolak dari Durban, Afrika Selatan pada 3 Januari lalu.

Seperti dilansir kantor berita Reuters, Selasa (23/1/2018), kapal tersebut dilengkapi dengan delapan kapal selam mini tanpa awak untuk mencari pesawat yang hilang tak berbekas itu. Kapal-kapal selam mini tersebut bisa melakukan pencarian di area luas dasar lautan dengan jauh lebih cepat dibanding pemindai yang ditambatkan, yang digunakan dalam pencarian sebelumnya.

Kesepakatan dengan Ocean Infinity yang berbasis di Texas, AS juga menyebutkan perusahaan baru mendapat bayaran jika keping atau serpihan MH370 berhasil ditemukan.

Perusahaan Amerika Serikat tersebut menyatakan bisa melakukan survei atas wilayah laut seluas 100.000 kilometer persegi dalam waktu tiga bulan, jauh lebih singkat dari waktu dua tahun yang dibutuhkan oleh pencarian sebelumnya.

Sebelumnya, Australia, Malaysia dan China menghentikan pencarian setelah berlangsung selama dua tahun tanpa menemukan jejak pesawat di zona pencarian seluas 120 ribu kilometer persegi.



(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed