Rusia Akan Jual 6 Jet Tempur Su-30 ke Myanmar

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 22 Jan 2018 18:39 WIB
Ilustrasi - jet tempur Su-30 (Marina Lystseva/TASS)
Naypyitaw - Rusia akan menjual enam jet tempur jenis Su-30 kepada Myanmar. Penjualan ini merupakan bagian dari kesepakatan yang dicapai saat Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergey Shoigu mengunjungi Myanmar pekan ini.

Kabar soal pembelian enam jet tempur Rusia oleh Myanmar ini dilaporkan oleh kantor berita Rusia, RIA Novosti dan TASS. Kementerian Pertahanan Rusia menyebut, Myanmar juga tertarik membeli perlengkapan militer Rusia lainnya untuk Angkatan Darat dan Angkatan Lautnya.

"Selama kunjungan Menteri Pertahanan Rusia, tercapai sebuah kesepakatan di mana Myanmar akan membeli enam pesawat Su-30," sebut Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Letnan Jenderal Alexander Fomin, seperti dikutip TASS, Senin (22/1/2018).

Menhan Shoigu mengunjungi Myanmar pada 20-22 Januari ini. Fomin menyebut jet tempur Rusia ini 'akan menjadi pesawat tempur utama Angkatan Udara Myanmar untuk melindungi integritas wilayah dan menangkal setiap ancaman teror'.

Disebutkan Fomin, kemampuan persenjataan dan kendaraan militer Rusia telah dibuktikan dalam operasi militer Myanmar.

"Khususnya helikopter Mi-24, Mi-35, dan Mi-17, juga pesawat tempur MiG-29, pesawat latih dengan kemampuan menyerang Yak-130, sistem pertahanan udara Pechora-2 dan perlengkapan lainnya," ujar Fomin.

Diungkapkan juga oleh Fomin bahwa saat ini lebih dari 600 personel militer Myanmar tengah mengenyam pendidikan dan pelatihan di berbagai akademi tinggi militer Rusia. "Semua ini membantu meningkatkan keamanan di Asia Tenggara dan Lingkar Pasifik secara umum," klaim Fomin.

(nvc/ita)