DetikNews
Selasa 16 Januari 2018, 11:49 WIB

Begini Tragedi Kansas yang Disebut Mirip Ambruknya Selasar BEI

Rina Atriana - detikNews
Begini Tragedi Kansas yang Disebut Mirip Ambruknya Selasar BEI Tragedi ambruknya 2 selasar di Kansas City (Foto: Dok. The Kansas City Star)
FOKUS BERITA: Plafon BEI Ambrol
Kansas City - Insiden ambruknya selasar tower II gedung BEI disebut mirip tragedi di Hotel Hyatt Regency di Kansas City, Missouri, AS. Kala itu, 114 orang tewas pasca ambruknya selasar di 1981 silam.

Dikutip dari The Kansas City Star, Selasa (16/1/2018), selasar di Hotel Hyatt Regency ambruk setahun pasca hotel tersebut dibuka pada 1980.

Tragedi ini menewaskan begitu banyak orang karena saat itu tengah digelar pesta dansa di lobi hotel dan selasar di lantai 2 dan 4. Selasar di lantai 2 dan 4 jatuh dan menimpa ratusan orang di bawahnya.


Peristiwa tersebut terjadi pada 17 Juli 1981. Dilansir dari engineering.com, hotel tersebut mulai dibangun pada 1978.

Pada 14 Oktober 1979, saat dalam pembangunan, atap atrium hotel sempat runtuh. Namun pembangunan terus dilanjutkan.

Hotel selanjutnya dibuka untuk umum pada Juli 1980. Setahun kemudian selasarnya ambruk dan menewaskan lebih dari seratus orang. Selain itu 200 orang lain dilaporkan menderita luka.

Daniel M Duncan, Jack D Gillum, dan GCE International Inc, selaku kontraktor Hotel Hyatt Regency dinyatakan telah lalai terhadap rancangan konstruksi yang mereka buat. Selain itu mereka juga kehilangan lisensi untuk membuka praktek di negara bagian Missouri.


Kini, Hotel Hyatt Regency di lokasi tersebut telah berganti menjadi Hotel Seraton. Di lokasi sekitar TKP kini telah dibangun tugu memorial di Hospital Hill Park di 22nd Street.

Ahli struktur yang juga Rektor Universitas Bakrie, Profesor Sofia Alisjahbana menilai insiden di BEI mirip dengan tragedi maut di Kansas City. Ia menduga telah terjadi resonansi di selasar yang ambruk.

"Resonansi adalah kondisi di mana frekuensi beban yang berada di atas selasar sama dengan frekuensi alami struktur. Peristiwa ini mirip dengan runtuhnya lantai selasar di Hotel Hyatt Regency di Kansas City," kata Sofia dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (16/1).


Selasar Tower II gedung BEI ambruk pada Senin (15/1) sekitar pukul 12.00 WIB. Lebih dari 70 orang dilarikan ke rumah sakit.

Mayoritas korban merupakan mahasiswa Universitas Bina Darma yang tengah melakukan study tour ke gedung BEI. Sejauh ini tak ada korban jiwa akibat insiden tersebut.
(rna/tor)
FOKUS BERITA: Plafon BEI Ambrol
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed