Populasi Gorila Gunung di Rwanda Kian 'Membludak'

Niken Purnamasari - detikNews
Jumat, 12 Jan 2018 03:00 WIB
Foto: REUTERS/Thomas Mukoya
Kiwali - Populasi gorila gunung di Rwanda kian meningkat dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Jenis gorila tersebut termasuk salah satu yang langka dan terancam punah.

Dilansir AFP, Jumat (12/1/2018), jumlah populasi itu disampaikan oleh sejumlah ahli usai mengunjungi Taman Nasional Gunung Berapi di Rwanda.

Dalam survei terakhir di Kongo, Uganda dan Rwanda pada 2010, hanya ada 480 gorila yang terancam punah. Kepala Konservasi di Dewan Pengembangan Rwanda Eugene Mutangana mengatakan rata-rata 18 gorila gunung bayi lahir setiap tahun di Rwanda sejak 2005.

"Kami hanya memiliki tujuh keluarga gorila pada tujuh tahun yang lalu. Tapi hari ini kami punya 20," ujar Kepala Eksekutif Dewan Pengembangan Rwanda, Clare Akamanzi.

Gorila gunung di Rwanda termasuk yang terancam punah. Hal itu lantaran adanya ancaman perburuan, perang dan hilangnya habitat.

"Kami hanya memiliki tujuh keluarga gorila tujuh tahun yang lalu. Hari ini kami memiliki 20," kata kepala eksekutif RDB Clare Akamanzi.

Gorila gunung berada di bawah ancaman dari perburuan, perang dan hilangnya habitat. Pemerintah Rwanda ingin dengan meningkatnya populasi gorila dapat mendorong wisatawan yang datang untuk melihat. (nkn/nkn)