DetikNews
Selasa 09 Januari 2018, 18:09 WIB

Jet-jet Tempur Israel Bombardir Suriah

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jet-jet Tempur Israel Bombardir Suriah Foto: Tomasz Stanczak/Agencja Gazeta/REUTERS
Damaskus - Israel menggempur wilayah Suriah dengan jet-jet tempur dan rudal-rudal pada Selasa dini hari waktu setempat. Belum ada laporan korban akibat bombardir Israel tersebut.

Militer Suriah menyatakan dalam statemen yang dirilis televisi pemerintah Suriah seperti dilansir kantor berita Reuters, Selasa (9/1/2018), jet-jet tempur Israel menembakkan rudal-rudal ke wilayah al-Qutaifa, dekat Damaskus dari wilayah udara Libanon pada Selasa pukul 02.40 waktu setempat. Disebutkan bahwa sistem pertahanan udara Suriah mengenai salah satu jet tempur Israel tersebut.

Israel kemudian menembakkan rudal-rudal darat-ke-darat dari wilayah Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel. Namun sistem pertahanan Suriah berhasil menembak jatuh rudal-rudal tersebut.

Militer Suriah menyatakan, jet-jet tempur Israel kemudian menembakkan empat rudal dari wilayah Israel. Sistem pertahanan Suriah berhasil menembak jatuh salah satu rudal, namun rudal-rudal lainnya menimbulkan kerusakan material. Tidak ada laporan mengenai korban dalam serangan-serangan Israel ini.

Juru bicara militer Israel menolak menanggapi pernyataan militer Suriah tersebut. Sebelumnya pada Agustus 2017 lalu, kepala Angkatan Udara Israel mengungkapkan bahwa korpsnya telah menggempur Suriah sekitar 100 kali.

Israel telah bertekad akan mencegah wilayah Suriah digunakan oleh Iran untuk mendirikan basis-basis atau mengirimkan persenjataan ke kelompok gerilyawan Libanon, Hizbullah, yang telah membantu rezim Suriah dalam memerangi para pemberontak.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed