DetikNews
Senin 08 Januari 2018, 11:46 WIB

Pesawat Tempur Arab Saudi yang Perangi Houthi Jatuh di Yaman

Rita Uli Hutapea - detikNews
Pesawat Tempur Arab Saudi yang Perangi Houthi Jatuh di Yaman Foto: Ilustrasi
Riyadh - Sebuah pesawat tempur Arab Saudi yang merupakan bagian dari koalisi memerangi kelompok pemberontak Houthi, jatuh di wilayah Yaman. Pihak koalisi Saudi menyebut pesawat tersebut jatuh karena "kegagalan teknis".

Dua kru pesawat tersebut berhasil selamat dalam insiden yang terjadi pada Minggu (7/1) sore waktu setempat.

"Pesawat mengalami kegagalan teknis pada pukul 15.40 dan jatuh di sebuah wilayah operasi di Yaman," kata Turki al-Maliki, juru bicara koalisi Saudi seperti dikutip kantor berita AFP, Senin (8/1/2018).

Dikatakan Maliki, kedua kru pesawat telah diselamatkan dan dipulangkan ke Saudi. Maliki tidak menyebutkan lebih detail.

Koalisi Saudi kemudian mengeluarkan pernyataan yang dirilis kantor berita resmi Saudi Press Agency dan menyatakan bahwa pesawat tempur yang jatuh merupakan milik Saudi. Disebutkan pula bahwa operasi untuk menyelamatkan kru pesawat melibatkan pasukan darat.

Berbeda dengan keterangan pihak koalisi Saudi, kelompok pemberontak Houthi lewat saluran televisi Al-Masirah mengklaim bahwa mereka telah menembak jatuh pesawat tempur Saudi itu di wilayah Saada, basis Houthi di Yaman utara.

Koalisi Saudi mulai melancarkan serangan-serangan udara terhadap kelompok Houthi di Yaman sejak Maret 2015 lalu. Operasi militer ini dilakukan setelah pemberontak Houthi menguasai ibu kota Sanaa. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lebih dari 8.750 orang telah tewas sejak koalisi Saudi mengintervensi konflik di Yaman.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed