DetikNews
Rabu 03 Januari 2018, 06:41 WIB

Trump Ancam Hentikan Bantuan Jutaan Dolar untuk Warga Palestina

Rina Atriana - detikNews
Trump Ancam Hentikan Bantuan Jutaan Dolar untuk Warga Palestina Presiden AS Donald Trump (Foto: REUTERS/Jonathan Ernst)
Washington - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengungkit soal bantuan jutaan dolar yang diberikan negaranya kepada sejumlah negara. Negara yang dimaksud di antaranya kepada warga Palestina.

Trump selama ini selalu menyebut 'Palestinians' yang berarti warga Palestina dan bukannya Palestina. Ia mengancam akan menahan bantuan jutaan dolar yang selama ini dikucurkan apabila warga Palestina tak juga mau melakukan perundingan damai.

Dilansir dari Reuters, Rabu (3/1/2017), Trump mem-posting dua cuitan di Twitternya pada Selasa (2/1) waktu setempat. Berikut 2 Tweet tersebut:



Mengacu pada website United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA), sepanjang 2016, AS telah menyumbang untuk agen tersebut sebesar hampir USD 370 juta (sekitar Rp 4,99 triliun).

Dua hari sebelumnya, dikutip dari BBC, Trump menyebut AS bodoh karena telah memberi bantuan senilai hampir Rp 450 triliun kepada Pakistan.

"Amerika Serikat dengan bodohnya telah memberi Pakistan lebih dari 33 miliar dollar (AS) dalam bentuk bantuan selama 15 tahun terakhir dan mereka tidak memberikan apa-apa, kecuali kebohongan dan penipuan, berpikir para pemimpin kita bodoh," cuit Trump.


Dia menambahkan, "Mereka memberi tempat perlindungan kepada para teroris yang kita buru di Afghanistan, dengan sedikit bantuan. Tidak lagi!"

Terkait kicauan Trump ini, Pemerintah Pakistan memanggil Dubes AS di Islamabad, David Hale. Namun isi pembicaraan dalam pemanggilan itu tidak diungkap ke publik.

"Kami tidak berkomentar soal substansi pertemuan," ucap juru bicara Kedutaan Besar AS di Pakistan.
(rna/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed