DetikNews
Sabtu 30 Desember 2017, 10:01 WIB

Kebakaran di Apartemen New York Dipicu Balita yang Main Kompor

Novi Christiastuti - detikNews
Kebakaran di Apartemen New York Dipicu Balita yang Main Kompor Jendela apartemen yang dilanda kebakaran terlihat hangus (REUTERS/Eduardo Munoz)
New York City - Kebakaran hebat yang melalap sebuah apartemen di New York, Amerika Serikat (AS) ternyata dipicu oleh seorang balita berusia 3 tahun yang bermain kompor. Balita ini berhasil selamat dari kebakaran itu, sementara 12 orang lainnya termasuk empat anak-anak tewas.

Kebakaran yang terjadi di Bronx, New York City, pada Kamis (28/12) malam waktu setempat ini menghanguskan 25 kamar apartemen di dalam gedung lima lantai tersebut. Wali Kota New York, Bill de Blasio, menyebutnya sebagai 'tragedi kebakaran paling buruk yang kita lihat di kota ini dalam seperempat abad terakhir'.

"Kami mendapati bahwa api berawal di sebuah dapur di lantai satu," ucap Komisioner Pemadam Kebakaran setempat, Daniel Nigro, kepada wartawan seperti dilansir AFP, Sabtu (30/12/2017).

"Ini berawal dari seorang bocah kecil, berusia 3,5 tahun, yang bermain dengan knop kompor. Api membesar, ibunya tidak menyadarinya -- dia baru tahu mendengar teriakan bocah itu," imbuh Nigro.


Ibunda bocah itu berhasil menyelamatkan diri bersama dua anaknya. Namun dia membiarkan pintu apartemennya tetap terbuka, sehingga membuat api menyambar bagian tangga dan menyebar dengan cepat ke bagian lainnya di gedung itu.

"Bagian tangga berfungsi sebagai cerobong. Itu membuat api dengan cepat naik ke atas sehingga orang-orang hanya memiliki sedikit waktu untuk bereaksi," ujar Nigro. "Mereka tidak bisa turun lewat tangga. Mereka yang mencoba akhirnya tewas," imbuhnya seperti dilansir Reuters.

Petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi dengan cepat, yakni hanya dalam waktu tiga menit. Namun bagi beberapa korban, kedatangan mereka terlambat. Lima orang dinyatakan tewas seketika di lokasi kejadian. Tujuh orang lainnya dinyatakan tewas setelah dibawa ke rumah sakit setempat.

Empat orang lainnya hingga kini masih dalam kondisi kritis di rumah sakit.

Situasi di lokasi saat kebakaran terjadi pada 28 DesemberSituasi di lokasi saat kebakaran terjadi pada 28 Desember Foto: NYFD/Handout via REUTERS

Lebih dari 160 petugas pemadam dikerahkan dan mereka berhasil memadamkan api dalam waktu tiga jam. Kebakaran ini terjadi di tengah cuaca dingin yang menyelimuti New York, tumpahan air dari selang pemadam langsung membeku dengan sendirinya.

Kepolisian New York menyebut empat anak yang tewas terdiri atas bocah berusia 1 tahun, 2 tahun, 7 tahun dan satu lagi tak diketahui usianya. Delapan korban tewas lainnya terdiri atas empat pria dan empat wanita. Di antara korban tewas terdapat seorang ibu, Karen Francis (37) dengan dua putrinya, Charmela Francis (7) dan Kylie Francis (2). Dua korban tewas lainnya diidentifikasi sebagai Maria Batiz (58) dan Shantay Young (19).


(nvc/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed