DetikNews
Rabu 27 Desember 2017, 04:32 WIB

Legenda Milan, Weah Kembali Bertarung di Pilpres Liberia Putaran 2

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Legenda Milan, Weah Kembali Bertarung di Pilpres Liberia Putaran 2 Foto: George Weah (Seyllou/AFP)
Monrovia - Liberia mengadakan pemilihan umum pada Selasa waktu setempat untuk memilih presiden baru menggantikan Ellen Johnson Sirleaf. Wakil Presiden Joseph Boakai yang maju dari Partai Persatuan menghadapi mantan pemain sepakbola George Weah yang berasal dari Koalisi untuk Perubahan Demokrasi.

Dilansir dari CNN, Rabu (27/12/2017), George Weah diketahui memperoleh suara 38,4 persen mengungguli Joseph Boakai yang memperoleh suara 28,8 persen pada tahap pertama. Karena tidak ada pihak yang mencapai 50 persen, jadwal pemilu sedianya akan kembali dilanjutkan pada 7 November mendatang.

Namun karena pihak Joseph Boakai dan beberapa partai kecil lainnya mengajukan keberatan atas dugaan kecurangan pemilu. Maka pemilihan presiden selanjutnya akan dilaksanakan pada Desember ini.

"Ini adalah hari yang menyenangkan karena ini adalah ujian demokrasi. Kami masuk satu kali (di babak pertama), ada 20 dari kami, sekarang kami dikurangi menjadi dua. Kami telah melalui proses ini, inilah proses yang telah dihasilkan, kami bersedia untuk hidup dengan itu," kata Boakai, Selasa (26/12) lalu.

Negara di Barat Afrika ini pernah dilanda perang saudara pada dan juga berusaha bangkit dari wabah virus Ebola dan pemerintahan yang tidak demokratis sejak tahun 1944. Usai Sirleaf terpilih pada 2006 menjadi satu-satunya presiden wanita, Liberia berubah menjadi nagara yang damai meskipun tetap ada permasalahan di negara tersebut.

Diketahui Joseph Boakai merupakan kawan pemilihan dari Sirleaf saat mencalonkan diri pada 2005 dan 2011. Boakai pernah menjabat sebagai Menteri Pertanian dan mengelola perusahaan milik negara. Sementara itu, George Weah diketahui merupakan pemain sepakbola dari klub AC Milan yang getol mengkampanyekan vaksin dan membangun sekolah vokasi bagi anak muda.
(fdu/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed