DetikNews
Rabu 20 Desember 2017, 15:43 WIB

Israel Tangkap 24 Warga Palestina di Tepi Barat dan Yerusalem

Rita Uli Hutapea - detikNews
Israel Tangkap 24 Warga Palestina di Tepi Barat dan Yerusalem tentara-tentara Israel (Foto: AFP Photo/Hazem Bader)
Tepi Barat - Militer Israel menangkap 24 warga Palestina di wilayah Tepi Barat dan Yerusalem Timur. Penangkapan tersebut dilakukan dalam serangkaian penggerebekan pada Selasa (19/2) malam waktu setempat.

Organisasi non-pemerintah Palestina, Masyarakat Tahanan Palestina atau Palestinian Prisoners Society menyatakan seperti dilansir media Turki, Anadolu Agency, Rabu (20/12/2017), pasukan Israel menangkap 18 warga Palestina setelah menggerebek rumah-rumah mereka di kota Ramallah dan Nablus di wilayah Tepi Barat.



Enam warga Palestina lainnya ditangkap di kawasan al-Isawyia, Yerusalem Timur. Demikian disampaikan Amjad Abu Assab, kepala organisasi Komite Yerusalem untuk Keluarga Tahanan atau Jerusalem Committee for Families of Prisoners.

Militer Israel kerap melakukan operasi penangkapan berskala besar di wilayah Tepi Barat dengan dalih untuk mencari warga Palestina yang diburu.

Menurut data resmi Palestina, lebih dari 6.400 warga Palestina saat ini mendekam di fasilitas-fasilitas penahanan di seluruh Israel.

Penangkapan tersebut terjadi di tengah ketegangan di wilayah-wilayah Palestina setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan pengakuan negaranya atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Dalam pengumumannya dua pekan lalu, Trump juga menyampaikan rencana pemindahan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem. Pengumuman Trump tersebut menuai kecaman para pemimpin dunia dan memicu aksi-aksi protes terhadap pemerintah AS dan Israel di berbagai negara.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed