detikNews
Kamis 14 Desember 2017, 17:07 WIB

5 Bulan di Stasiun Ruang Angkasa, 3 Astronot Kembali ke Bumi

Novi Christiastuti - detikNews
5 Bulan di Stasiun Ruang Angkasa, 3 Astronot Kembali ke Bumi Ilustrasi -- Foto Bumi diambil dari Stasiun Ruang Angkasa (ISS) (Courtesy @AstroKomrade/NASA/Handout via REUTERS)
Astana - Sebuah kapsul yang membawa astronot dari tiga negara, Amerika Serikat (AS), Rusia dan Italia, mendarat dengan selamat di Kazakhstan. Ketiga astronot itu kembali ke Bumi setelah lima bulan menjalankan misi di Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS).

Seperti dilansir Reuters, Kamis (14/12/2017), ketiga astronot yang baru pulang ke Bumi itu antara lain Randy Bresnik dari Badan Antariksa AS (NASA), Sergey Ryazanskiy dari badan ruang angkasa Rusia atau Roscosmos dan Paolo Nespoli yang merupakan warga Italia dari Badan Ruang Angkasa Eropa (ESA).

Kapsul Soyuz yang membawa ketiga astronot ini mendarat di tengah hembusan angin kencang di tengah padang rumput yang diselimuti salju di Karaganda, Kazakhstan bagian tengah pada Kamis (14/12) sekitar pukul 14.37 waktu setempat.

Pendaratan ini disiarkan secara langsung oleh NASA TV. Astronot Rusia, Ryazanskiy, adalah yang pertama keluar dari kapsul. Dia tampak tersenyum saat dibantu oleh para petugas penyelamat yang telah menunggunya.

Dengan kepulangan ketiga astronot ini ke Bumi, maka kini hanya tinggal tiga astronot lainnya di ISS yang mengorbit 400 kilometer di atas permukaan Bumi. Tiga astronot yang masih ada di ISS itu adalah Alexander Misurkin dari Roscosmos, Mark Vende Hei dan Joe Acaba dari NASA.

Pada 17 Desember mendatang, tiga astronot lainnya akan meluncur ke ISS untuk bergabung dengan mereka. Mereka adalah Scott Tingle dari NASA, Anton Shkaplerov dari Roscosmos dan Norishege Kanai dari Badan Eksplorasi Ruang Angkasa Jepang (JAEA).

Peluncuran akan dilakukan dari pangkalan ruang angkasa Baikonur Cosmodrome yang juga ada di Kazakhstan.

ISS merupakan proyek gabungan AS, Rusia, Eropa, Jepang dan Kanada. Sejak tahun 2000, negara-negara itu menempatkan astronot mereka secara bergiliran di ISS yang bernilai US$ 100 miliar.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed