DetikNews
Kamis 14 Desember 2017, 15:25 WIB

Politikus AS Ditemukan Tewas Usai Dituding Melecehkan ABG

Novi Christiastuti - detikNews
Politikus AS Ditemukan Tewas Usai Dituding Melecehkan ABG Dan Johnson (Courtesy Kentucky Legislative Research Commission/Handout via REUTERS)
Kentucky - Seorang politikus Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik ditemukan tewas dengan luka tembakan di tubuhnya. Anggota parlemen negara bagian Kentucky yang juga seorang pendeta ini diduga bunuh diri, usai dituding melecehkan seorang remaja putri beberapa tahun lalu.

Seperti dilansir dilansir CNN dan news.com.au, Kamis (14/12/2017), Dan Johnson yang merupakan politikus negara bagian Kentucky telah menyangkal tudingan pelecehan seksual tersebut. Dalam konferensi pers pada Selasa (12/12) waktu setempat, pria berumur 57 tahun itu menyebut tudingan tersebut 'palsu'.

Johnson juga menyebut tudingan pelecehan seksual ini sebagai strategi nasional untuk menyudutkan para politikus Republik. Dia merujuk pada kandidat Senator Alabama, Roy Moore, yang juga terseret skandal pelecehan seksual dan baru saja kalah dalam pemilihan Senat.


Remaja putri yang mengaku menjadi korbannya, menyebut tindak pelecehan seksual itu terjadi pada dini hari saat Tahun Baru 2013 lalu. Saat itu korban yang masih berusia 17 tahun, mengaku dicium dan diraba secara tidak pantas oleh Johnson. Korban menyebut Johnson saat itu sedang mabuk. Korban diketahui tinggal di dekat gereja bernama Heart of Fire Church dan Johnson merupakan pendeta di gereja itu.

Korban pernah melapor ke polisi pada tahun 2013, namun penyelidikannya dihentikan polisi tanpa menginterogasi Johnson. Kasus ini kembali mencuat beberapa waktu terakhir dan otoritas Louisville, Kentucky, memutuskan untuk membuka kembali penyelidikan kasus ini.

Pada Rabu (13/12) sore waktu setempat, atau sehari usai Johnson menggelar konferensi pers di gereja yang pernah menjadi tempatnya bertugas, muncul postingan Facebook mencurigakan pada akun milik Johnson.

"SAYA CINTA TUHAN dan SAYA CINTA ISTRI SAYA, yang merupakan ISTRI terbaik di dunia ... 9-11-2001 NYC/WTC, PTSD 24/7 selama 16 tahun adalah penyakit yang akan merenggut nyawa saya, saya tidak bisa menahannya lebih lama. Penyakit ini menang atas kehidupan ini, TAPI SURGA ADALAH RUMAH SAYA," demikian bunyi postingan pada akun Facebook milik Johnson, yang kini telah dihapus.


Usai membaca postingan itu, kerabat Johnson merasa khawatir dan melapor kepada penegak hukum setempat. Tak lama kemudian, Johnson ditemukan sudah tak bernyawa.

Koroner Bullitt County, Dave Billings, mengkonfirmasi kepada CNN bahwa Johnson tewas akibat satu luka tembakan di tubuhnya, yang diduga aksi bunuh diri. Jenazah Johnson ditemukan tergeletak di depan mobil miliknya, dengan sebuah pistol semi-otomatis kaliber .40 ditemukan di dekatnya.

Secara terpisah, Sheriff Bullitt County, Donnie Tinnell, menyebut Johnson mengemudikan mobilnya ke sebuah jembatan di Mount Washington, pinggiran Louisville dan memarkirkannya di sisi utara jembatan. Di sana, Johnson menembak dirinya sendiri di depan mobilnya. Kematian Johnson ini terjadi sekitar 24 jam setelah dia menyangkal tudingan pelecehan seksual yang menjeratnya.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed