DetikNews
Kamis 14 Desember 2017, 13:12 WIB

Israel Gempur Fasilitas Hamas di Gaza Usai Serangan Roket

Rita Uli Hutapea - detikNews
Israel Gempur Fasilitas Hamas di Gaza Usai Serangan Roket tentara Israel (Foto: AFP PHOTO/AHMAD GHARABLI)
Tel Aviv - Militer Israel melancarkan serangan udara terhadap kelompok Hamas di wilayah Gaza. Serangan itu dilancarkan beberapa jam setelah roket-roket ditembakkan ke negara Yahudi itu dari Jalur Gaza.

Dalam sebuah statemen, militer Israel menyatakan mereka mengempur tiga fasilitas militer Hamas di lokasi-lokasi berbeda di Jalur Gaza, yang berada di bawah kekuasaan Hamas. Serangan-serangan itu dilancarkan pada Kamis dini hari waktu setempat.

"Fasilitas-fasilitas militer tersebut digunakan sebagai tempat pelatihan dan penyimpanan senjata," demikian statemen militer Israel seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (14/12/2017).

"Ini sebagai respons atas proyektil-proyektil yang ditembakkan ke wilayah Israel dari Jalur Gaza sebelumnya," imbuh militer Israel.

Sumber keamanan Palestina mengatakan, ada lebih dari 10 kali serangan yang dilancarkan Israel ke sejumlah target, termasuk sebuah lokasi Angkatan Laut dan pangkalan militer Hamas di dekat kamp pengungsi Shati di Gaza utara.

Menurut sumber tersebut, ada kerusakan signifikan di lokasi-lokasi akibat serangan Israel tersebut. Juga kerusakan ringan di rumah-rumah serta beberapa korban luka-luka ringan.

Belum ada konfirmasi mengenai korban luka dari Kementerian Kesehatan di Gaza.

Serangan udara itu dilancarkan setelah sistem pertahanan rudal Israel berhasil mencegat dua roket yang ditembakkan dari Gaza. Roket-roket biasanya ditembakkan oleh kelompok-kelompok ekstremis kecil, namun pemerintah Israel menganggap Hamas bertanggung jawab atas setiap serangan dari wilayah Gaza yang dikuasainya.

Belakangan ini telah terjadi peningkatan kekerasan di Gaza, sejak Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan pengakuan resmi negaranya atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada Rabu (6/12) lalu. Empat warga Gaza telah tewas sejak itu, termasuk dua orang yang tewas dalam bentrokan di sepanjang perbatasan dan dua militan Hamas yang tewas dalam serangan udara Israel.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed