DetikNews
Rabu 13 Desember 2017, 22:30 WIB

Mahmoud Abbas: Yerusalem Selamanya Jadi Ibu Kota Palestina!

Andhika Prasetia - detikNews
Mahmoud Abbas: Yerusalem Selamanya Jadi Ibu Kota Palestina! Presiden Palestina Mahmoud Abbas di KTT OKI (Foto: AFP/Kayhan Özer)
Istanbul - Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengecam klaim sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui Yerusalem ibu kota Israel. Abbas menegaskan, Yerusalem merupakan bagian dari negaranya.

"Yerusalem dan akan selamanya menjadi ibu kota negara Palestina... Tidak akan ada perdamaian, tidak ada stabilitas tanpa itu," ujar Abbas seperti dilansir AFP, Rabu (13/12/2017).


Hal ini disampaikan Abbas saat menghadiri KTT Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Istanbul, Turki. Abbas melanjutkan bahwa tak mungkin ada perdamaian atau stabilitas di Timur Tengah sampai Yerusalem diakui sebagai ibu kota Palestina.

[Gambas:Video 20detik]



"Kami tidak menerima peran Amerika Serikat dalam proses politik sejak saat ini. Karena benar-benar bias terhadap Israel," cetus Abbas.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendukung Yerusalem adalah ibu kota Palestina. Ia mengajak negara peserta OKI, termasuk Indonesia, untuk mengakui hal itu.


"Saya mengundang negara-negara yang menghargai hukum dan keadilan internasional untuk mengakui Yerusalem yang diduduki sebagai ibu kota Palestina," seru Erdogan.


KTT OKI dihadiri sejumlah kepala dan pemimpin negara. Presiden Joko Widodo memimpin delegasi Indonesia dalam KTT OKI.
(dkp/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed