DetikNews
Rabu 13 Desember 2017, 14:03 WIB

Jendela Helikopter Militer AS Tiba-tiba Jatuh ke Sekolah di Jepang

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jendela Helikopter Militer AS Tiba-tiba Jatuh ke Sekolah di Jepang ilustrasi (Foto: Foto Detikcom)
Tokyo - Sebuah jendela dari helikopter militer Amerika Serikat tiba-tiba jatuh ke lapangan olah raga sebuah sekolah di Jepang. Pihak marinir AS pun menyampaikan permintaan maaf atas insiden tersebut.

Belum ada laporan mengenai ada tidaknya korban luka-luka akibat insiden yang terjadi pada Rabu (13/12) pukul 10.09 waktu setempat di sebuah Sekolah Dasar (SD) di dekat pangkalan udara marinir Futenma, Jepang selatan.

Militer AS menyatakan, pihaknya menanggapi insiden di Pulau Okinawa ini dengan sangat serius dan telah mulai melakukan penyelidikan.

"Ini insiden yang disesalkan dan kami meminta maaf atas setiap kecemasan yang ditimbulkan bagi komunitas," demikian statemen militer AS seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (13/12/2017). Militer AS pun menyerukan warga setempat untuk menjauh dari tempat objek tersebut mendarat demi alasan keamanan.

"Kejadian semacam ini menyebabkan kekhawatiran bukan hanya di kalangan orang-orang di sekolah itu, namun juga semua orang di Okinawa dan seharusnya tak pernah terjadi," tegas kepala juru bicara pemerintah Jepang, Yoshihide Suga.

Seorang pejabat lokal di kota Ginowan, Okinawa mengatakan kepada AFP, bahwa otoritas tengah berupaya mengkonfirmasi laporan seorang anak sekolah mengalami luka-luka ringan akibat insiden tersebut.

Insiden ini terjadi hanya dua bulan setelah sebuah helikopter militer Amerika meledak dan terbakar setelah mendarat di sebuah lapangan kosong di Okinawa. Insiden-insiden seperti itu telah meningkatkan penolakan terhadap basis-basis militer AS di pulau strategis Jepang tersebut.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed