DetikNews
Selasa 12 Desember 2017, 14:29 WIB

Dukung ISIS dan Sebarkan Cara Merakit Bom, Pemuda AS Ditangkap

Novi Christiastuti - detikNews
Dukung ISIS dan Sebarkan Cara Merakit Bom, Pemuda AS Ditangkap Ilustrasi (REUTERS/Mike Segar)
Houston - Seorang pemuda berusia 18 tahun di Houston, Amerika Serikat (AS) ditangkap karena berusaha mendukung kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Pemuda AS ini juga didakwa menyebarkan informasi soal cara merakit bom secara online.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (12/12/2017), pemuda bernama Kaan Sercan Damlarkaya (18) yang merupakan warga negara AS ini, ditangkap di Houston pada Jumat (8/12) lalu. Damlarkaya ditangkap setelah Biro Investigasi Federal (FBI) menyelidiki dirinya selama beberapa waktu terakhir.

Penyelidikan FBI mendapati bahwa Damlarkaya merencanakan perjalanan ke luar negeri untuk bertempur bersama ISIS, atau jika dia gagal, dia berencana melakukan serangan di AS.

"Dakwaan juga mengindikasikan Damlarkaya menanyakan apakah dirinya boleh meninggalkan video perpisahan untuk dipublikasikan, setelah dia melakukan serangan yang menewaskan dirinya demi menginspirasi orang lain," demikian pernyataan Departemen Kehakiman AS.

Kepada sejumlah agen FBI yang menyamar, Damlarkaya juga mengungkapkan cara merakit senapan serbu AK-47 atau AR-15 dengan bagian-bagian yang mudah didapat. Tidak hanya itu, Damlarkaya juga menerangkan cara merakit bom panci tekan via komunikasi online.

Disebutkan dalam dokumen dakwaan bahwa Damlarkaya berupaya pergi ke Suriah sebanyak dua kali, namun gagal.

Damlarkaya kini dalam penahanan otoritas setempat sembari menunggu sidang yang akan digelar 14 Desember mendatang.


(nvc/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed