DetikNews
Senin 11 Desember 2017, 16:22 WIB

Duh! 5 Ekor Gajah di India Mati Ditabrak Kereta, Ada yang Hamil

Rita Uli Hutapea - detikNews
Duh! 5 Ekor Gajah di India Mati Ditabrak Kereta, Ada yang Hamil ilustrasi (Foto: AFP Photo/CHRISTOPHE ARCHAMBAULT)
New Delhi - Sebuah kereta api telah menabrak dan menewaskan lima ekor gajah di India. Hewan-hewan itu ditabrak saat melintasi rel kereta di sebuah kawasan perkebunan teh. Duh!

Di antara kelima ekor gajah yang mati itu, termasuk seekor gajah betina yang sedang hamil. Hewan-hewan malang itu merupakan bagian dari kawanan gajah yang berkeliaran di perkebunan teh di negara bagian Assam pada Minggu (10/12) pagi waktu setempat.

"Kelima gajah mati di tempat. Seekor anak gajah yang lahir mati kemudian dikeluarkan dari gajah betina yang hamil," ujar kepala departemen kehutanan Assam, Vikas Brahma, seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (11/12/2017).

Brahma mengatakan, bukan hal yang biasa bagi gajah-gajah melewati lokasi kejadian, yang merupakan kawasan hutan lebat di Assam yang dikenal akan kebun teh dan satwa liarnya. Para petugas kehutanan tidak mengetahui ada kawanan gajah di kawasan tersebut.

Sebelumnya, otoritas perkeretaapian telah mengeluarkan peringatan bagi para masinis yang melintasi wilayah Assam mengenai kawanan gajah guna menghindari kecelakaan. Namun juru bicara perkeretaapian mengatakan pada surat kabar Indian Express, tak ada aturan soal batasan kecepatan di saat kecelakaan terjadi pada Minggu (10/12) waktu setempat itu. Sebabnya, kawasan itu tidak dianggap sebagai jalur migrasi gajah-gajah.

Menurut sensus 2011, Assam memiliki sekitar 5.620 ekor gajah, lebih banyak daripada negara-negara bagian lain di India. Brahma mengatakan, sekitar 60 ekor gajah diperkirakan telah mati sepanjang tahun ini di Assam. Kebanyakan gajah-gajah itu mati karena tersetrum pagar listrik yang dipasang para petani di sekitar sawah-sawah mereka untuk membuat hewan-hewan liar menjauh.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed