DetikNews
Senin 11 Desember 2017, 14:06 WIB

AS, Korsel dan Jepang Mulai Latihan Lacak Rudal-rudal dari Korut

Rita Uli Hutapea - detikNews
AS, Korsel dan Jepang Mulai Latihan Lacak Rudal-rudal dari Korut salah satu rudal balistik Korut (Foto: Reuters)
Seoul - Amerika Serikat, Korea Selatan (Korsel) dan Jepang hari ini memulai latihan gabungan untuk melacak rudal-rudal dari Korea Utara (Korut).

Latihan trilateral tersebut digelar kurang dari dua pekan setelah Korut melakukan uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) jenis baru, yang diklaim bisa menjangkau seluruh wilayah daratan utama Amerika Serikat.

Kementerian Pertahanan Korsel menyatakan, latihan gabungan tiga negara tersebut akan berlangsung selama dua hari. Ini merupakan latihan gabungan keenam kalinya sejak Juni 2016 lalu.

"Selama latihan tersebut, kapal-kapal perang Aegis dari masing-masing negara akan mensimulasikan pendeteksian dan pelacakan potensi rudal balistik dari Utara dan berbagi informasi," demikian disampaikan Kementerian Pertahanan Korsel seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (11/12/2017).

Dua kapal perang AS ikut serta dalam latihan ini, dengan masing-masing satu kapal perang dari Jepang dan Korsel.

Sebelumnya, AS dan Korsel juga telah menggelar latihan militer berskala besar pekan lalu. Korut mengecam latihan gabungan itu dan menyebut aktivitas tersebut membuat perang tak terhindarkan.

Latihan militer tersebut sebagai respons atas peluncuran rudal ICBM Korut yang melintasi wilayah Jepang beberapa waktu lalu. Rudal balistik antarbenua tersebut diklaim paling canggih sejauh ini dan mampu mencapai seluruh daratan Amerika Serikat.

Atas uji coba rudal Korut itu, AS menyatakan kepemimpinan Korut akan "sepenuhnya dihancurkan" jika perang sampai terjadi. Pentagon telah berulang kali menunjukkan kebolehan militernya menyusul uji coba yang dilakukan Pyongyang.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed