DetikNews
Kamis 07 Desember 2017, 03:22 WIB

Trump Segera Kirim Mike Pence ke Timur Tengah

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Trump Segera Kirim Mike Pence ke Timur Tengah Foto: REUTERS/Kevin Lamarque
Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengakui secara resmi Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Wakil Presiden AS Mike Pence telah diperintahkan untuk melakukan perjalanan ke wilayah Timur Tengah.

"Wakil Presiden Pence akan melakukan perjalanan ke berbagai wilayah dalam waktu dekat untuk menegaskan komitmen kami
untuk bekerja dengan partner kami di Timur Tengah untuk mengalahkan radikalisme dan ancaman terhadap harapan dan mimpi generasi di masa akan datang," ujar Trump yang diberitakan AFP, Kamis (7/12/2017).



Trump mengatakan keputusannya ini sebaiknya direspons dengan perdebatan yang beralasan, bukan dengan kekerasan. Trump menyebut sudah waktunya bagi banyak orang yang menginginkan kedamaian untuk mengusir ekstremis.

"Dan sekarang saatnya untuk anak muda dan suara moderat di seluruh Timur Tengah untuk menyambut masa depan cerah," ucapnya.

Sebelumnya, Prancis menentang keputusan Trump soal pengakuan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Presiden Prancis Emmanuel Macron meminta adanya ketenangan di wilayah tersebut.

"Keputusan ini merupakan keputusan yang tidak diterima Prancis dan bertentangan dengan hukum internasional dan semua resolusi Dewan Keamanan PBB," kata Macron.

Seperti diketahui, Donald Trump akhirnya mengakui Israel sebagai Ibu Kota Israel. Pemindahan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem segera dilakukan. "Inilah saatnya mengakui secara resmi Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel," kata Donald Trump.
(tfq/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed