detikNews
Selasa 05 Desember 2017, 15:32 WIB

13 Warga Muslim Bosnia Ditangkap Atas Dugaan Kejahatan Perang

Rita Uli Hutapea - detikNews
13 Warga Muslim Bosnia Ditangkap Atas Dugaan Kejahatan Perang Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Sarajevo - Kepolisian Bosnia menangkap 13 warga muslim atas dugaan kejahatan perang terhadap warga etnis Serbia di wilayah selatan negara Balkan tersebut selama perang saudara 1992-1995.

"Mereka ini adalah mantan pejabat militer Bosnia, pasukan pertahanan wilayah dan Kementerian Dalam Negeri, yang dicurigai melakukan kejahatan perang terhadap beberapa lusin orang Serbia di wilayah Konjic," demikian disampaikan kantor kejaksaan dalam statemen seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (5/12/2017).

Disebutkan dalam statemen itu, ke-13 warga muslim Bosnia itu dicurigai melakukan "pembunuhan, penyiksaan, pemerkosaan, persekusi dan pengusiran warga sipil".

Kepolisian Bosnia menyatakan telah menangkap para tersangka tersebut di Konjic dan ibu kota Sarajevo.

Bulan lalu, Edhem Zilic, mantan anggota pasukan Muslim Bosnia yang menjadi seorang pejabat di kamp penahanan untuk Serbia di Konjic selama perang 1992-1995, dijatuhi hukuman penjara 9 tahun oleh pengadilan Sarajevo.

Perang antar etnis di Bosnia pada tahun 1992-1995 telah merenggut 100 ribu nyawa, dengan sekitar 2,2 juta orang kehilangan tempat tinggal.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed