DetikNews
Rabu 29 November 2017, 14:08 WIB

Kepolisian Australia Gagalkan Serangan di Sekolah, 2 ABG Ditangkap

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kepolisian Australia Gagalkan Serangan di Sekolah, 2 ABG Ditangkap Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Melbourne - Kepolisian Australia menggagalkan rencana serangan ke sebuah sekolah di negeri itu. Dua remaja putra telah ditangkap atas dugaan merencanakan serangan dengan menggunakan senjata api dan bahan peledak. Kepolisian menyatakan, serangan itu dimaksudkan untuk membahayakan banyak orang.

Plot serangan yang menargetkan sebuah sekolah di wilayah Riverland, Australia Selatan itu tercium kepolisian awal bulan ini dengan kedua ABG ditangkap tak lama kemudian.

Inspektur Detektif kepolisian Des Bray mengatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (29/11/2017), kedua ABG tersebut dituduh merencanakan "serangan di sebuah sekolah dengan menggunakan senjata api dan bahan peledak yang bisa memicu banyak kematian".

"Dua remaja putra -- berumur 16 tahun dan 18 tahun -- sedang dalam penahanan. Remaja yang lebih muda telah didakwa dengan satu dakwaan mengajak membunuh, sedangkan remaja yang lebih tua telah didakwa dengan dakwaan yang lebih berat yakni mengancam untuk membunuh," papar Bray.

Diimbuhkan Bray, sejauh ini tak ada bukti yang menunjukkan adanya orang lain yang terlibat kasus ini. Juga tidak disebutkan mengenai ada tidaknya kaitan kedua remaja tersebut dengan kelompok ekstremis manapun.

Bray mengatakan, kedua remaja itu diyakini terlibat dalam perencanaan serangan antara 1 Juni dan 7 November tahun ini.

Plot serangan ini digagalkan sehari setelah kepolisian di Melbourne menangkap seorang pria berumur 20 tahun, yang diduga berencana membeli sebuah senjata api dan membunuh sebanyak mungkin orang di Malam Tahun Baru di kota tersebut. Kepolisian mengatakan, pria tersebut, Ali Ali, merupakan pendukung ISIS.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed