DetikNews
Rabu 29 November 2017, 11:26 WIB

Sekjen PBB Kutuk Uji Coba Rudal Korut yang Bisa Jangkau Seluruh AS

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sekjen PBB Kutuk Uji Coba Rudal Korut yang Bisa Jangkau Seluruh AS warga Jepang menonton berita peluncuran rudal Korut (Foto: REUTERS/Toru Hanai)
New York - Sekjen PBB Antonio Guterres mengutuk uji coba rudal antarbenua yang kembali dilakukan Korea Utara (Korut). Pemimpin badan dunia itu pun menyerukan Pyongyang untuk berhenti mengambil langkah-langkah destabilisasi lebih jauh lagi.'

"Ini pelanggaran nyata atas resolusi Dewan Keamanan dan menunjukkan ketidakpedulian sepenuhnya terhadap pandangan bersama komunitas internasional," ujar Guterres dalam sebuah statemen seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (29/11/2017).

Dewan Keamanan PBB akan menggelar sidang darurat hari Rabu ini untuk membahas peluncuran rudal terbaru Korut tersebut. Guterres menekankan, dirinya siap untuk bekerja sama dengan semua pihak guna meredakan ketegangan.

Korut hari ini mengklaim berhasil meluncurkan rudal balistik antarbenua jenis baru, yang disebut Hwasong-15. Rudal antarbenua (ICBM) itu diklaim mampu menjangkau seluruh daratan utama AS.

Seperti dilansir Reuters dan CNN, Rabu (29/11/2017), klaim itu diumumkan oleh North Korean Central Television (KCTV) yang merupakan televisi nasional Korut. Nenek penyiar berita ternama Korut, Ri Chun-Hee, tampil langsung menyampaikan pengumuman ini.

Disebutkan KCTV bahwa peluncuran rudal Hwasong-15 itu diperintahkan langsung oleh pemimpin Korut, Kim Jong-Un. Tayangan KCTV juga menampilkan foto Kim Jong-Un sedang menandatangani perintah peluncuran rudal, serta foto dokumen perintah peluncuran ini.

KCTV menyebut rudal Hwasong-15 ini merupakan rudal Korut paling hebat. Rudal ini disebut mampu menjangkau seluruh wilayah AS. Penyiar berita KCTV mengatakan, rudal Hwasong-15 ini mampu mengudara sejauh 950 kilometer selama 53 menit, dengan mencapai ketinggian 4.475 kilometer.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed