DetikNews
Selasa 28 November 2017, 17:54 WIB

India Sambut Ivanka Trump yang Hadiri Forum Bisnis Global

Novi Christiastuti - detikNews
India Sambut Ivanka Trump yang Hadiri Forum Bisnis Global Ivanka Trump di Hyderabad (US Embassy in India/@USAndIndia)
New Delhi - India menggelar karpet merah untuk Ivanka Trump, putri Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Ivanka menghadiri forum bisnis di kota Hyderabad, dengan pengawalan ketat ribuan polisi.

Ivanka mengunjungi Hyderabad dalam rangka menghadiri forum kewirausahaan global atau Global Entrepreneurship Summit (GES) 2017. GES digelar pada 28-30 November dan Ivanka dijadwalkan memberikan pidato dalam forum itu.

Papan reklame dengan foto Ivanka memenuhi sejumlah titik di kota yang menjadi rumah bagi perusahaan teknologi besar AS seperti Microsoft. Otoritas setempat bahkan sengaja 'membersihkan' para pengemis dari jalanan Hyderabad sebelum Ivanka tiba.

"Mata dunia tertuju pada Hyderabad hari ini. Kami mewakili India," sebut Jayesh Ranjan, pejabat pemerintahan setempat yang membantu pelaksanaan forum internasional ini, seperti dilansir Reuters, Selasa (28/11/2017).

Tayangan televisi menampilkan foto-foto Ivanka saat tiba di India. Ivanka memimpin delegasi resmi AS yang terdiri dari pejabat pemerintahan, pengusaha dan wirausaha wanita. Ivanka sendiri merupakan penasihat tidak resmi Trump.

GES akan dibuka oleh Perdana Menteri Narendra Modi. Forum yang dicetuskan oleh mantan Presiden AS Barack Obama ini digelar secara bersama-sama oleh India dan AS. Selain hubungan politik dan ekonomi yang meluas, India telah menjadi pasar utama bagi AS, dengan perdagangan dua arah untuk tahun lalu mencapai US$ 115 miliar.

Persiapan untuk forum ini tergolong sangat matang, termasuk pengerahan 10 ribu polisi untuk membantu pengamanan. Sekolah-sekolah setempat diliburkan sementara karena adanya pengalihan lalu lintas. Otoritas Hyderabad juga menambah jumlah kamera CCTV yang dipasang di wilayahnya.

Di lokasi forum, anjing-anjing pelacak disiagakan, demikian juga dengan orang-orang yang ahli mendeteksi aktivitas mencurigakan. Diperkirakan forum ini akan dihadiri 1.500 wirausaha dan investor dari 150 negara.

Atif bin Arif, seorang pengelola tur bus yang sengaja datang dari Pakistan, menyebut dirinya ingin menjajal kesempatan kolaborasi dalam dunia pariwisata di India. Tidak hanya itu, Arif juga ingin mendengar gagasan-gagasan Ivanka dalam forum itu.

"Saya tertarik mendengar apa yang akan dikatakan Ivanka Trump. Saya juga ingin tahu alasannya datang ke Asia untuk pertemuan ini. Apakah dia melihat ini sebagai lahan kesempatan?" ucapnya.

Tahun ini, wanita menjadi tema dalam forum tersebut. Lebih dari separuh partisipan adalah wanita dan delegasi yang seluruhnya wanita yang datang dari beberapa negara seperti Afghanistan, Israel dan Arab Saudi. "Saya berharap GES 2017 akan menjadi perayaan global yang meningkatkan pentingnya pemberdayaan dan investasi terhadap pengusaha wanita," ucap Ivanka dalam wawancara dengan Times of India.
(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed