DetikNews
2017/11/24 04:39:52 WIB

Sosok Ratko Mladic, 'Si Jagal Bosnia' yang Divonis Seumur Hidup Bui

Jabbar Ramdhani - detikNews
Halaman 1 dari 2
Sosok Ratko Mladic, Si Jagal Bosnia yang Divonis Seumur Hidup Bui Ratko Mladic si 'Jagal Bosnia' (Foto: Reuters)
Den Haag - Bekas komandan militer Serbia Bosnia, Ratko Mladic, dinyatakan bersalah melakukan genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan saat Perang Bosnia. Dia dinyatakan bertanggung jawab karena secara langsung memerintahkan pengeboman terhadap kota Sarajevo.

Dikutip dari BBC, Kamis (23/11/2017), putusan ini dikeluarkan oleh Mahkamah Pidana Internasional untuk bekas Yugoslavia di Den Haag pada Rabu (22/11). Jenderal Mladic dinyatakan bersalah melakukan genosida terhadap Muslim Bosnia di Srebenica pada 1995.

Hakim memvonis Mladic dengan hukuman penjara seumur hidup. Hakim menggambarkan perbuatan Mladic sebagai salah satu kejahanan paling biadab dalam sejarah umat manusia.




Ratko Mladik dilahirkan di desa Kalinovik, Bosnia pada 12 Maret 1943. Dia adalah pemimpin tentara Serbia Bosnia selama Perang Bosnia. Dia dibesarkan di Yugoslavia. Karier militernya, Mladik pernah menjadi perwira reguler dalam Tentara Rakyat Yugoslavia.

Karena Yugoslavia mulai mengalami disintegrasi pada 1991, Mladic ditempatkan untuk memimpin Korps IX Pasukan Yugoslavia melawan angkatan Kroasia di Knin.

Perwakilan Serbia Bosnia menunjuk Mladic sebagai Komandan Distrik Militer II Pasukan Yugoslavia yang berbasis di Sarajevo pada Mei 1992.

Ratko MladicRatko Mladic (dasi merah)/ Foto: Reuters

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed