Penyiar TV Charlie Rose Dipecat Terkait Dugaan Pelecehan Seksual

Jabbar Ramdhani - detikNews
Rabu, 22 Nov 2017 03:06 WIB
Penyiar TV Charlie Rose (Foto: Getty Images)
New York - Charlie Rose, salah satu penyiar televisi terkenal di Amerika Serikat (AS) dipecat. Pemecatan ini terkait kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukannya.

Dilansir AFP, CBS News mengatakan Rose telah 'dihentikan' segera setelah delapan wanita mengungkap apa yang disebutnya "perilaku yang sangat mengganggu dan tidak dapat ditolerir" lewat surat kabar The Washington Post pada Senin (20/11).

"Beberapa waktu yang lalu kami menghentikan kerja Charlie Rose dengan CBS News, efektif segera," kata jaringan tersebut dalam sebuah pernyataan, Selasa (21/11/2017).


"CBS News telah melaporkan tentang laporan yang luar biasa di perusahaan media lain tahun ini dan yang terakhir, kredibilitas kami dalam pelaporan tersebut memerlukan kredibilitas untuk mengelola standar perilaku dasar, oleh karena itu kami telah melakukan tindakan ini," tambahnya.

Program TV tempat Rose menjadi pembawa acara "CBS This Morning" dan menjadi koresponden "60 Menit" juga telah menangguhkan Rose pada Senin.

Laporan The Bombshell Post, delapan wanita yang jadi korban adalah karyawan dan orang yang ingin bekerja dalam program TV "Charlie Rose" yang disiarkan di PBS.

Mereka melaporkan Rose atas panggilan telepon cabul, meraba-raba dan berjalan telanjang di depan mereka. Semua berusia 20-an dan 30-an saat pelecehan yang dituduhkan terjadi sejak tahun 1990-an sampai akhir 2011.

Rose yang telah berusia 75 tahun, pada hari Senin menyampaikan pernyataan publik yang meminta maaf atas apa yang dia sebut "perilaku tidak pantas" dan mengatakan bahwa dia "sangat malu," tapi dia "tidak percaya bahwa semua tuduhan ini akurat". (jbr/aik)