DetikNews
Selasa 21 November 2017, 18:11 WIB

Rencanakan Serangan Teror di Jerman, 6 Pengungsi Suriah Ditangkap

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rencanakan Serangan Teror di Jerman, 6 Pengungsi Suriah Ditangkap Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Frankfurt - Kepolisian Jerman menangkap enam pengungsi Suriah hari ini. Mereka diduga tengah mempersiapkan serangan teror atas nama kelompok radikal ISIS.

Keenam pengungsi tersebut berumur 20 tahun hingga 28 tahun. Mereka ditangkap dalam penggerebekan pada Selasa dini hari waktu setempat di sejumlah kediaman di kota-kota Kassel, Essen, Hanover dan Leipzig. Sekitar 500 polisi dikerahkan dalam operasi penggerebekan tersebut.

Juru bicara kantor kejaksaan Frankfurt, Christian Hartwig menyatakan, keenam pria Suriah tersebut dituduh sebagai anggota "kelompok teroris asing yang menamakan dirinya Negara Islam (IS atau ISIS)".

"Para tersangka juga dicurigai sedang menyiapkan sebuah serangan ke satu target publik di Jerman dengan menggunakan senjata atau bahan peledak," tutur Hartwig dalam statemen seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (21/11/2017).

Diimbuhkan Hartwig, para penyelidik meyakini keenam orang tersebut belum mencapai tahap akhir dalam perencanaan serangan mereka. Keenam pengungsi Suriah tersebut tiba di Jerman antara Desember 2014 dan September 2015 saat krisis migran Eropa mencapai puncaknya.

Aparat keamanan Jerman telah dalam kondisi siaga tinggi akan ancaman serangan teroris, khususnya setelah serangan truk yang menewaskan 12 orang di Berlin pada Desember 2016 lalu. Kelompok ISIS mengklaim serangan tersebut.

Bulan lalu, kepolisian Jerman menangkap seorang remaja Suriah berumur 19 tahun. Dia diduga sedang mempersiapkan serangan teror di negara tersebut dengan menggunakan bahan peledak.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed