DetikNews
Senin 20 November 2017, 17:35 WIB

Baru 3 Orang yang Diterima, Jepang Diminta Tampung Lebih Banyak Pengungsi

Rita Uli Hutapea - detikNews
Baru 3 Orang yang Diterima, Jepang Diminta Tampung Lebih Banyak Pengungsi pengungsi di Bangladesh (Foto: Reuters)
Tokyo - Badan pengungsi PBB meminta pemerintah Jepang untuk menerima lebih banyak pencari suaka. Jepang didesak untuk membantu menanggulangi krisis pengungsi global. Terlebih lagi, negeri Sakura tersebut hanya memberikan status pengungsi untuk tiga orang saja selama enam bulan pertama tahun ini.

Jepang merupakan salah satu negara maju di dunia yang paling sedikit menerima pencari suaka. Negeri itu hanya menerima 28 orang pencari suaka pada tahun 2016 dari total aplikasi yang diajukan 10.091 orang.

Sejak tahun 2008, Jepang telah menerima sejumlah kecil pengungsi lewat apa yang disebut sebagai skema penempatan negara ketiga, dengan menerima total 152 pengungsi -- kebanyakan warga etnis Karen dari Myanmar yang tinggal di kamp-kamp Thailand dan Malaysia.

"Program itu sangat kecil, sekitar 20-30 pengungsi setiap tahun," kata Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi, UNHCR Filippo Grandi pada konferensi pers di Tokyo, Jepang. "Saya telah meminta pemerintah untuk mempertimbangkan apakah itu bisa ditambah," imbuhnya seperti dilansir kantor berita Reuters, Senin (20/11/2017).

Donasi Jepang untuk UNHCR juga telah menurun, hingga 2 Oktober tahun ini, Jepang merupakan pendonor terbesar keempat di dunia dengan memberikan dana US$ 152 juta. Sementara empat tahun lalu, Jepang merupakan pendonor terbesar kedua di dunia.

"Kontribusi dari pemerintah ke UNHCR telah sedikit menurun setiap tahun sejak 2013," tutur Grandi. "Apa yang saya minta untuk dipertimbangkan pemerintah adalah bahwa kebutuhan para pengungsi dan orang-orang yang kehilangan tempat tinggal, meningkat," imbuhnya.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed