DetikNews
Minggu 19 November 2017, 16:22 WIB

4 Hari Hilang, Kapal Selam Argentina Tiba-tiba Kirim Sinyal

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
4 Hari Hilang, Kapal Selam Argentina Tiba-tiba Kirim Sinyal Bendera Argentina. Foto: Internet
Buenos Aires - Kapal selam ARA San Juan milik angkatan laut Argentina hilang sejak empat hari lalu. Kapal itu membawa 44 awak.

Dikutip dari CNN, Minggu (19/11/2017) ARA San Juan melakukan perjalanan dari Tierra del Fuego yang berada di Argentina selatan menuju markas mereka di Mar del Plata. Perjalanan itu ditempuh melalui Samudera Atlantik.

Kapal itu berangkat pada Rabu (15/11) waktu setempat dan seharusnya tiba pada hari ini. Tetapi di tengah perjalanan, kapal tersebut menghilang.

Dilansir BBC, kapal tersebut terakhir kali mengontak pada Rabu pagi. Kapal terakhir terlihat di sekitar Teluk San Jorge.

Namun pada Sabtu (18/11) pukul 10.52 waktu setempat, ada sinyal yang dikirimkan oleh ARA San Juan. Sinyal kembali muncul pada pukul 15.42, kata Kementerian Pertahanan Argentina seperti dilansir CNN.

Meski muncul sinyal selama sekitar 36 detik, tetapi tak ada komunikasi yang dilakukan. Angkatan laut Argentina kini menggandeng sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang bergerak di bidang satelit untuk membantu proses pencarian.

Inggris dan negara-negara di kawasan Amerika latin telah menawarkan bantuan pencarian. US Navy menerbangkan modul penyelamatan laut dalam untuk disebarkan saat kapal selam muncul ke permukaan.
(bag/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed