DetikNews
Jumat 17 November 2017, 18:26 WIB

Bush Senior Dituding Remas Bokong Wanita Saat Masih Jadi Presiden

Novi Christiastuti - detikNews
Bush Senior Dituding Remas Bokong Wanita Saat Masih Jadi Presiden Bush Senior dan Bush Junior dalam foto tahun 2012 (REUTERS/U.S. Navy/Handout/File Photo)
Michigan - Lagi-lagi tudingan pelecehan seksual dilontarkan terhadap mantan Presiden Amerika Serikat (AS) George HW Bush. Tudingan terbaru ini dilaporkan terjadi saat Bush Senior masih aktif menjabat Presiden ke-41 AS tahun 1992 silam.

Wanita yang enggan disebut namanya ini menuturkan secara eksklusif kepada CNN, seperti dilansir pada Jumat (17/11/2017), bahwa pelecehan seksual terjadi saat dirinya menghadiri acara penggalangan dana untuk kampanye Bush Senior di Dearborn, Michigan pada April 1992 lalu.

Wanita ini menghadiri acara itu bersama ayahnya. Saat sesi foto bersama, wanita ini menyebut Bush Senior meremas bokongnya.

"Kami saling berdekatan untuk foto bersama dan rasanya seperti 'Ya ampun!'. Rasanya seperti remasan lembut," tutur wanita yang kini berusia 55 tahun ini, menjelaskan momen saat Bush Senior menyentuh bokongnya saat itu.


Saat insiden itu terjadi, wanita ini mengaku dirinya hanya bisa tersenyum ke kamera. Ada banyak orang di sekelilingnya, termasuk agen Secret Service AS, namun wanita ini meyakini tidak ada yang menyadari insiden itu.

Saat itu, wanita ini berusaha meyakinkan dirinya bahwa apa yang terjadi hanya insiden semata, yang tidak disengaja. Namun beberapa waktu terakhir, saat tudingan pelecehan seksual menghujani Bush Senior yang kini berusia 93 tahun dan duduk di kursi roda, wanita ini kembali memikirkan insiden yang dialaminya 25 tahun itu.

"Fokusnya adalah 'Dia sudah tua'. Oke, tapi dia belum tua saat itu terjadi pada saya. Saya banyak berdebat memikirkan apa yang harus dilakukan," ucap wanita ini kepada CNN. Wanita ini menolak disebut namanya karena tidak ingin mendapat perhatian media yang berlebihan.

CNN telah berbicara dengan mantan suami dan teman baik wanita ini, yang mengaku telah diberitahu soal insiden itu sebelum berbagai tudingan terhadap Bush Senior mencuat. Wanita ini juga telah menunjukkan foto dirinya bersama Bush Senior saat insiden itu terjadi.


Juru bicara keluarga Bush, Jim McGrath, menolak berkomentar atas tudingan terbaru ini.

Kisah wanita asal Michigan ini mirip dengan tudingan yang telah disampaikan oleh sedikitnya enam wanita lainnya. Kebanyakan dari wanita-wanita itu mengaku diremas bokongnya saat sesi foto bersama Bush Senior. Namun tudingan lainnya dilaporkan terjadi antara tahun 2003 hingga 2016 saat Bush Senior tidak lagi menjabat. Wanita asal Michigan ini menjadi wanita pertama yang melontarkan tudingan pelecehan seksual saat Bush Senior masih aktif menjabat sebagai Presiden AS.

Keenam wanita lainnya itu terdiri dari aktris Heather Lind (34), aktris Jordana Grolnick, penulis bestseller Christina Baker Kline, wanita bernama Roslyn Corrigan, mantan wartawan Liz Allen (66), serta seorang wanita asal Houston yang menolak disebut identitasnya.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed