DetikNews
Rabu 15 November 2017, 12:37 WIB

Rusia Rilis Foto Buktikan AS Dukung ISIS, Ternyata dari Video Game

Novi Christiastuti - detikNews
Rusia Rilis Foto Buktikan AS Dukung ISIS, Ternyata dari Video Game Ilustrasi - jurnalis AS memeriksa adegan video game yang dijadikan bukti foto oleh Rusia (AFP PHOTO/STF)
Moskow - Otoritas Rusia menegaskan punya bukti tak terbantahkan yang menunjukkan Amerika Serikat (AS) mendukung kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Bukti berupa foto itu dirilis via media sosial, namun akhirnya ketahuan foto-foto itu palsu dan beberapa diambil dari video game.

Akun Twitter resmi Kementerian Pertahanan Rusia memposting sejumlah foto-foto hitam-putih yang mereka sebut diambil pada 9 November di dekat perbatasan Suriah dan Irak. Rusia menyebut foto itu sebagai 'bukti tak terbantahkan bahwa AS memberikan perlindungan untuk unit serbu ISIS'.

Bukti foto yang dirilis Kementerian Pertahanan RusiaBukti foto yang dirilis Kementerian Pertahanan Rusia Foto: Russian Ministry of Defense

Seperti dilansir CNN dan AFP, Rabu (15/11/2017), kelompok pemantau Tim Intelijen Konflik (CIT) bersama sejumlah pengguna media sosial dengan cepat menemukan fakta bahwa salah satu foto yang dirilis Rusia berasal dari adegan video game 'AC-130 Gunship Simulator: Special Ops Squadron'.

Foto-foto lainnya disinyalir diambil dari video-video yang telah dirilis oleh Kementerian Pertahanan Irak tahun 2016 lalu. CIT menyebut, foto-foto lainnya menunjukkan momen saat Angkatan Udara Irak mengebom ISIS di dekat Fallujah.

Screenshot video game yang dijadikan bukti foto oleh RusiaScreenshot video game yang dijadikan bukti foto oleh Rusia Foto: Screenshot from YouTube/Byte Conveyor Studios

Sejumlah foto dari udara yang dirilis Kementerian Pertahanan Rusia diklaim sebagai konvoi ISIS yang melarikan diri dari kota Abu Kamal di Suriah pada 9 November lalu. Rusia mengklaim koalisi pimpinan AS menolak untuk menyerang konvoi ISIS yang melarikan diri itu. Dalam satu satu fotonya, Rusia memberikan keterangan: "Konvoi kendaraan ISIS meninggalkan Abu Kamal ke perbatasan Suriah-Irak."

Faktanya, foto itu merupakan screenshot dari video militer Irak tertanggal Juni 2016, yang menunjukkan serangan udara koalisi AS dan pasukan militer Irak menyerang konvoi ISIS yang melarikan diri dari Fallujah.

Bukti foto yang dirilis Kementerian Pertahanan RusiaBukti foto yang dirilis Kementerian Pertahanan Rusia Foto: Russian Ministry of Defense

Usai pengguna media sosial menuding foto-foto itu palsu, Kementerian Pertahanan Rusia langsung menghapus foto itu dari akun Twitter dan Facebook mereka. Beberapa jam kemudian, Kementerian Pertahanan Rusia menyebut ada kesalahan dan mempublikasi rangkaian foto berbeda dengan kembali menyebutnya sebagai 'bukti tak terbantahkan' bahwa AS membantu ISIS.

"Kementerian Pertahanan sedang mencari seorang pegawai sipil dari salah satu departemen yang salah menautkan foto-foto pada pernyataan Kementerian Pertahanan," demikian pernyataan Kementerian Pertahanan AS seperti dikutip kantor berita Rusia.

Screenshot video dari militer Irak saat menyerang ISIS di Fallujah tahun 2016Screenshot video dari militer Irak saat menyerang ISIS di Fallujah tahun 2016 Foto: Iraqi Ministry of Defense/Photo File

Dalam pernyataan baru, Kementerian Pertahanan Rusia tetap bersikeras menuding AS mendukung ISIS. "Penolakan komando AS untuk menyerang konvoi ISIL (nama lain ISIS) pada 9 November merupakan fakta jelas yang tercatat dalam transkrip percakapan," tegas Rusia.

Menanggapi hal ini, juru bicara koalisi pimpinan AS Kolonel Ryan Dillon menyebut pernyataan Rusia sebagai 'kumpulan kebohongan' dan menyindir Rusia 'selalu akurat seperti serangan udara mereka'.

"Saya tentu tidak bisa memverifikasi, tapi saya melihat laporan yang menyebut salah satu gambar berasal dari video game. Jadi sekali lagi, sungguh konsisten dengan yang selama ini kita lihat dari MOD (Kementerian Pertahanan) Rusia yang selalu tak berdasar, tidak akurat dan sungguh palsu," tegasnya.






(nvc/rna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed