Seorang Tentara Korut Ditembak Saat Membelot ke Korsel

ADVERTISEMENT

Seorang Tentara Korut Ditembak Saat Membelot ke Korsel

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 13 Nov 2017 15:59 WIB
Foto: Ilustrasi: Kawasan Semenanjung Korea (Google Map)
Seoul - Seorang tentara Korea Utara (Korut) terluka setelah ditembak saat membelot ke Korea Selatan (Korsel). Tentara tersebut ditembak oleh tentara Korut lainnya.

Kepala Staf Gabungan Korsel menyatakan dalam sebuah statemen, tentara tersebut menyeberang ke bagian Selatan dari Area Keamanan Gabungan di Panmunjom, satu-satunya bagian dari Zona Demiliterisasi (DMZ) di mana pasukan dari kedua belah pihak berhadap-hadapan.

"Militer kami telah membawa seorang tentara Korut setelah dia menyeberang dari sebuah pos Korut menuju Rumah Kebebasan kami," demikian disampaikan militer Korsel seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (13/11/2017). Rumah Kebebasan (Freedom House) merupakan sebuah gedung di sisi Selatan desa Panmunjom.

Militer Korsel menyatakan, tentara Korut yang membelot tersebut telah dibawa ke rumah sakit setelah ditembak oleh tentara Korut lainnya. Tidak disebutkan bagaimana kondisi tentara Korut yang terluka tersebut saat ini.

Pembelotan militer di kawasan DMZ yang membagi dua Korea tersebut bukanlah hal asing, namun itu jarang terjadi di Panmunjom. Sebelumnya pada Juni lalu, dua tentara Korut membelot ke Korsel setelah menyeberangi perbatasan di lokasi lain.

Selama puluhan tahun sejak Semenanjung Korea terbagi menjadi dua, lusinan tentara Korut telah melarikan diri ke Korsel melalui DMZ. Beberapa bulan terakhir, hubungan kedua Korea tersebut menegang terkait uji coba nuklir dan rudal yang terus dilakukan Korut. (ita/ita)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT