detikNews
Jumat 10 November 2017, 17:35 WIB

Berencana Pergi ke Suriah, 82 Warga Asing Ditangkap di Istanbul

Rita Uli Hutapea - detikNews
Berencana Pergi ke Suriah, 82 Warga Asing Ditangkap di Istanbul Foto: andi saputra
Ankara - Otoritas Turki menahan 82 warga asing yang berencana pergi ke Suriah dan diduga terkait dengan kelompok teroris ISIS. Mereka ditangkap dalam serangkaian penggerebekan antiteror di kota Istanbul.

Menurut kantor berita Turki, Anadolu seperti dilansir AFP, Jumat (10/11/2017), para tersangka sebelumnya juga telah terlibat dengan para militan ISIS di zona-zona konflik. Tidak disebutkan lebih detail mengenai keterlibatan tersebut. Juga tidak disebut mengenai identitas maupun kewarganegaraan mereka yang ditangkap.

Puluhan warga asing itu ditahan dalam penggerebekan-penggerebekan yang dilakukan di 14 alamat hari Jumat ini. Mereka berencana pergi ke Suriah dalam beberapa hari ini.

Sementara itu di kota lainnya, Adana, di Turki selatan, 11 terduga anggota ISIS asal Suriah juga ditahan.

Penangkapan tersebut dilakukan sehari setelah operasi penggerebekan anti-ISIS di Ankara pada Kamis (9/11) waktu setempat. Dalam operasi besar-besaran tersebut, sebanyak 173 orang ditangkap atas dugaan keterkaitan dengan ISIS.

Total 1.500 polisi dikerahkan dalam penggerebekan-penggerebekan tersebut. Operasi dilakukan setelah otoritas Turki mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk 245 tersangka.

Kementerian Dalam Negeri Turki menyatakan, sekitar 450 orang ditangkap pada Oktober lalu atas tuduhan membantu atau berhubungan dengan ISIS.

Turki telah mengalami serangkaian serangan teroris yang diklaim oleh ISIS dalam dua tahun terakhir. Ini termasuk serangan di sebuah kelab malam populer di Istanbul, yang terjadi saat pengunjung kelab tengah merayakan Tahun Baru. Sebanyak 39 orang tewas dalam serangan itu.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed