DetikNews
Kamis 26 Oktober 2017, 14:43 WIB

Trump Soal Kunjungan ke Perbatasan Korut: Anda Akan Terkejut

Novi Christiastuti - detikNews
Trump Soal Kunjungan ke Perbatasan Korut: Anda Akan Terkejut Donald Trump (BBC Magazine)
Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan melakukan kunjungan kenegaraan ke kawasan Asia, termasuk Korea Selatan (Korsel) pada November mendatang. Muncul pertanyaan apakah Trump juga akan mengunjungi perbatasan Korsel dengan Korea Utara (Korut).

Gedung Putih telah mengumumkan bahwa mulai 3 November nanti, Trump akan melakukan kunjungan kenegaraan ke kawasan Asia, seperti Jepang, Korsel, China, Vietnam dan Filipina. Kunjungan itu diperkirakan akan didominasi isu ancaman rudal dan nuklir Korut.


Perbatasan antara Korsel dan Korut secara resmi disebut sebagai Zona Demiliterisasi atau DMZ. Lokasi itu selama ini selalu didatangi oleh para pejabat Amerika yang berkunjung ke Korsel. Seperti dilansir Reuters, Kamis (26/10/2017), saat ditanya oleh wartawan apakah dirinya akan mengunjungi DMZ nantinya, Trump enggan menjawab secara jelas.

"Saya lebih baik tidak menjawab, tapi Anda akan terkejut," ucap Trump kepada wartawan yang mencegatnya di Halaman Selatan Gedung Putih, sebelum dia terbang ke Dallas, Texas.

Perbatasan Korsel dan KorutPerbatasan Korsel dan Korut Foto: detikcom/Aji Surya

Diketahui bahwa sejumlah Presiden AS terdahulu, juga beberapa anggota pemerintah Trump sendiri, telah mengunjungi DMZ saat datang ke Korsel. Namun para pakar keamanan nasional AS memperingatkan bahwa kata-kata keras Trump terhadap Korut dan pemimpinnya, Kim Jong-Un, telah memanaskan situasi hingga ke level yang tidak terbayangkan, sehingga membuat rencana kunjungan ke DMZ terlalu provokatif.

Zona perbatasan dengan lebar 4 kilometer dan panjang 241 kilometer ini telah menjadi tujuan wisata khusus di Korsel. Kunjungan dari para pejabat tinggi, terutama dari AS, terkadang memicu kegugupan penjaga perbatasan Korut.


Ketika Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mengunjungi DMZ pada Maret lalu, sejumlah tentara Korut di seberang perbatasan berdiri cukup dekat hingga merekamnya saat dia memantau lokasi. Wakil Presiden AS Mike Pence sendiri telah mengunjungi DMZ pada April lalu.

Saat Presiden AS berkunjung ke DMZ, biasanya mereka difoto saat sedang mengintip teropong yang mengarah ke wilayah Korut. Presiden AS terdahulu, seperti Ronald Reagan, Bill Clinton, George W Bush dan Barack Obama, semuanya pernah mengunjungi DMZ saat masih aktif menjabat.

Pejabat Gedung Putih menyatakan Trump akan mengunjungi Kamp Militer Humphreys di Korsel untuk merayakan aliansi AS-Korsel. Menurut seorang pejabat senior Gedung Putih, tidak ada kekhawatiran soal kesan tertentu yang mungkin muncul jika Trump tidak mengunjungi DMZ.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed