Dituding Melecehkan Seorang Aktris, Bush Senior Minta Maaf

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 26 Okt 2017 11:09 WIB
Bush Senior dan Bush Junior dalam foto tahun 2012 (REUTERS/U.S. Navy/Handout/File Photo)
Washington DC - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) George HW Bush dituding menyentuh bokong seorang aktris secara tidak pantas, beberapa tahun lalu. Menanggapi tudingan ini, Bush senior meminta maaf.

Aktris bernama Heather Lind (34) ini menuturkan insiden itu terjadi empat tahun lalu, dalam sebuah acara untuk mempromosikan serial televisi berjudul 'Turn: Washington's Spies'. Saat itu, Lind sedang berfoto bersama Bush senior dan istrinya serta beberapa orang lainnya.

Tudingan ini muncul via postingan Instagram dari Lind, yang kini telah dihapus. Namun screenshot postingan Instagram itu beredar di internet.

Dalam postingannya, seperti dilansir AFP dan Reuters, Kamis (26/10/2017), Lind memposting pernyataan panjang yang disertai foto saat mantan Presiden AS Barack Obama sedang menyalami Bush senior yang kini berusia 93 tahun dan duduk di kursi roda.

Foto itu diambil saat keduanya bersama dengan tiga mantan Presiden AS, yakni Jimmy Carter, Bill Clinton dan George W Bush yang merupakan anak Bush senior, menghadiri konser amal bagi korban badai di AS pada Sabtu (21/10) waktu setempat. Lind menyebut foto itu mengingatkan dirinya akan peristiwa yang dialaminya saat bertemu Bush senior sekitar empat tahun lalu.

"Saya merasa terganggu karena saya menyadari rasa hormat yang diberikan kepada para mantan presiden yang telah selesai menjabat. Tapi ketika saya mendapat kesempatan untuk bertemu George HW Bush empat tahun lalu untuk mempromosikan acara televisi soal sejarah yang melibatkan saya, dia melecehkan saya secara seksual saat saya berpose untuk foto serupa," tulis Lind.

"Dia (Bush senior-red) tidak menjabat tangan saya. Dia menyentuh saya di bagian belakang dari kursi rodanya, dengan istrinya, Barbara Bush berdiri di sampingnya. Dia melontarkan lelucon jorok kepada saya," imbuhnya.

"Dan kemudian, selama difoto, dia menyentuh saya lagi," sebut Lind, sembari menambahkan bahwa istri Bush senior, "Memutar bola matanya seakan berkata, 'jangan lagi'."

Menanggapi hal ini, Bush senior melalui juru bicaranya, Jim McGrath, menyampaikan permohonan maaf kepada Lind. Juru bicara menyebut perilaku Bush senior itu merupakan 'upaya untuk melucu'.

"Presiden Bush duduk di kursi roda selama lima tahun terakhir, jadi lengannya berada di pinggang bagian bawah orang-orang yang berfoto dengannya. Untuk membuat orang-orang merasa lebih santai, presiden secara rutin melontarkan lelucon yang sama -- dan terkadang, dia menepuk bagian belakang beberapa wanita dalam hal yang dimaksudkan sebagai sikap yang ramah," terang McGrath.

"Beberapa orang memandangnya tak bersalah; yang lain jelas memandangnya tidak pantas. Untuk siapa saja yang merasa tersinggung olehnya, Presiden Bush meminta maaf secara tulus," tandasnya.

(nvc/ita)