DetikNews
Senin 23 Oktober 2017, 11:35 WIB

Trump Tegaskan AS Benar-benar Siap Hadapi Ancaman Korut

Novi Christiastuti - detikNews
Trump Tegaskan AS Benar-benar Siap Hadapi Ancaman Korut Donald Trump (REUTERS/Brendan McDermid)
Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan AS benar-benar siap menghadapi ancaman Korea Utara (Korut). Trump menegaskan AS telah 'bersiap untuk apapun'.

Seperti dilansir CNN dan AFP, Senin (23/10/2017), Trump juga menekankan pentingnya peran China dalam krisis nuklir Korut. Trump meyakini Presiden China Xi Jinping memiliki 'kekuatan untuk melakukan hal yang sangat signifikan bagi Korea Utara'.

Terlepas apapun tindakan Presiden Xi, Trump menegaskan AS 'bersiap untuk apapun' ketika menghadapi Korut.

"Akan kita lihat apa yang terjadi. ... Kita sangat siap, Anda tidak akan percaya," ucap Trump dalam wawancara dengan wartawan Maria Bartiromo dari Fox Business Network pada Minggu (22/10) waktu setempat. Trump membahas ketegangan dengan Korut yang dipicu nuklir rezim komunis itu.


Korut memicu kecaman internasional dalam beberapa bulan terakhir, dengan menggelar uji coba nuklir keenam dan serangkaian uji coba rudal jarak jauh, termasuk yang diklaim mampu menjangkau daratan utama AS.

Saat ditanya soal kebijakan AS terhadap China, Trump menyebut dirinya dan Presiden Xi memiliki 'hubungan yang luar biasa'. Trump juga memuji China yang disebutnya telah membantu AS dengan memberlakukan sanksi terhadap Korut.

"Mereka (China-red) telah membantu kita. Mereka menutup sistem perbankan mereka untuk Korea Utara. Mereka memutus penyaluran minyak," ujar Trump.


Lebih lanjut, terlepas dari adanya bantuan dari China, Trump kembali menegaskan AS memiliki persiapan sendiri dalam menghadapi Korut. "Anda akan terkejut jika mengetahui bagaimana totalnya persiapan kita jika diperlukan," imbuh Trump.

"Apakah baik untuk tidak melakukan itu? Jawabannya adalah iya. Apakah itu akan terjadi? Siapa yang tahu, siapa yang tahu," ucapnya lagi, merujuk pada potensi pecahnya konflik dengan Korut.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed