DetikNews
Sabtu 21 Oktober 2017, 14:50 WIB

Korban Tewas Ledakan Bom Truk di Somalia Bertambah Jadi 358 Orang

Rita Uli Hutapea - detikNews
Korban Tewas Ledakan Bom Truk di Somalia Bertambah Jadi 358 Orang ledakan bom truk di Mogadishu (Foto: Reuters)
Mogadishu - Jumlah korban jiwa akibat serangan bom truk di Mogadishu, Somalia terus bertambah. Sejauh ini, korban tewas mencapai 358 orang dan 228 orang lainnya luka-luka dalam serangan tersebut.

"Jumlah korban terbaru adalah 642 orang (358 orang tewas, 228 orang terluka, 56 orang hilang). 122 orang yang terluka telah diterbangkan ke Turki, Sudan dan Kenya," demikian disampaikan Menteri Informasi Somalia, Abdirahman Osman lewat akun Twitter seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (21/10/2017).

Angka tersebut menandai peningkatan tajam dalam jumlah korban tewas, yang awal pekan ini disebutkan sebanyak 276 orang tewas dan 300 orang luka-luka.

Serangan bom yang terjadi di Hodan pada 14 Oktober tersebut disebut sebagai serangan paling mematikan dalam sejarah Somalia. Dalam serangan itu, sebuah truk bermuatan bahan peledak meledak di Hodan, menghancurkan sekitar 20 gedung di distrik komersial ramai tersebut. Lebih dari 100 korban tewas ditemukan dengan kondisi hangus terbakar hingga tak bisa dikenali lagi.

Menurut sejumlah pakar, truk tersebut kemungkinan mengangkut setidaknya 500 kilogram bahan peledak.

Sejauh ini belum ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom tersebut. Namun Al-Shabaab, kelompok militan yang terkait dengan jaringan Al-Qaeda, kerap melakukan serangan bom bunuh diri di Mogadishu sebagai upaya menggulingkan pemerintahan Somalia yang didukung internasional.
(ita/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed