DetikNews
Jumat 13 Oktober 2017, 15:01 WIB

1 Tahun Wafatnya Raja Bhumibol, Rakyat Thailand Beri Sedekah ke Biksu

Novi Christiastuti - detikNews
1 Tahun Wafatnya Raja Bhumibol, Rakyat Thailand Beri Sedekah ke Biksu Warga yang masih berkabung memberikan sedekah kepada para biksu (REUTERS/Kerek Wongsa)
Bangkok - Rakyat Thailand memperingati setahun wafatnya Raja Bhumibol Adulyadej yang sangat mereka puja. Ratusan biksu berjubah oranye yang hadir dalam peringatan in menerima sedekah dari warga.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (13/10/2017), sebanyak 199 biksu hadir dalam peringatan yang digelar di Rumah Sakit Siriraj di Bangkok, tempat mendiang Raja Bhumibol dirawat sebelum wafat pada 13 Oktober 2016. Ratusan warga Thailand juga hadir untuk memberi penghormatan terakhir.

Warga Thailand memperingati setahun meninggalnya Raja BhumibolWarga Thailand memperingati setahun wafatnya Raja Bhumibol Foto: REUTERS/Kerek Wongsa

Para biksu berjalan dalam barisan melewati kerumunan warga Thailand yang berpakaian serba hitam, warna berkabung nasional. Warga menyerahkan sedekah berupa paket biskuit dan minuman botol serta barang-barang lainnya kepada para biksu. Pemberian sedekah ini merupakan bentuk penghormatan bagi mendiang Raja Bhumibol dan menyimbolkan kebaikan almarhum yang dijuluki sebagai 'Rajanya rakyat'.

"Kami akan selalu mengingat kebaikan beliau dan mengikuti setiap jejaknya," ucap salah satu pelayat, Laksana Lueprasert (65), dengan suara bergetar. Lueprasert menyebut rasa kehilangan Raja Bhumibol seolah tidak akan pernah hilang dari hatinya.

"Beliau telah pergi, tapi kita tetap memikirkannya hingga hari ini," tutur pelayat lainnya, Manee Chawalitnate (58).

Warga yang masih berkabung memberikan sedekah kepada para biksuWarga yang masih berkabung memberikan sedekah kepada para biksu Foto: REUTERS/Kerek Wongsa

Di Kantor Pemerintah Bangkok, Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha memimpin peringatan serupa yang dihadiri pejabat pemerintahan dan awak media. Mereka sempat mengheningkan cipta selama 89 detik, yang menandai usia Raja Bhumibol jika beliau masih hidup hingga ulang tahunnya ke-89 pada 5 Desember mendatang. Para biksu membacakan doa di depan foto mendiang yang dihiasi bunga marigold warga kuning.

Upacara peringatan yang digelar secara nasional ini mendahului prosesi kremasi kerajaan yang akan digelar di Grand Palace Bangkok pada 26 Oktober mendatang. Prosesi yang akan digelar selama lima hari berturut-turut itu, akan menjadi momen terakhir rakyat Thailand memberikan penghormatan akhir bagi sosok raja yang memerintah selama tujuh dekade ini.

"Saya tidak ingin upacara kremasi digelar, saya tidak bisa menghadapinya," ujar pelayat bernama Kanokporn Chavasith (57) di tengah ratusan pelayat yang berkumpul di luar Grand Palace di Bangkok.

Warga Thailand memperingati setahun wafatnya Raja BhumibolWarga Thailand memperingati setahun wafatnya Raja Bhumibol Foto: REUTERS/Kerek Wongsa

"Saya ingin beliau tetap ada bersama kita selamanya," timpal pelayat lainnya, Chalita U-sap (61), kepada AFP.

Menjelang digelarnya prosesi kremasi kerajaan, televisi-televisi Thailand diminta mengurangi warna-warna terang, mengurangi konten-konten yang ceria dan menayangkan dokumenter Raja Bhumibol. Gedung-gedung setempat memasang foto almarhum, sedangkan taman dan trotoar dihiasi bunga marigold warna kuning, yang diasosiasikan dengan mendiang Raja Bhumibol.


(nvc/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed