DetikNews
Kamis 12 Oktober 2017, 03:59 WIB

Antargeng Napi Rusuh di Penjara Meksiko, 16 Orang Tewas

Aditya Mardiastuti - detikNews
Antargeng Napi Rusuh di Penjara Meksiko, 16 Orang Tewas Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Meksiko - Para narapidana (napi) di penjara Cadereyta, negara bagian Nuevo Leon, Meksiko, rusuh. Akibat kerusuhan itu 16 orang tewas.

Kerusuhan di penjara itu terjadi sejak Selasa (10/10), dan berhasil diredamkan. Namun, kerusuhan antargeng itu kembali memanas, hingga akhirnya petugas mengambil tindakan tegas.

Tiga sipir penjara sempat disandera para napi yang bertikai. Pasukan keamanan pun dikirim masuk mengamankan situasi ketika negosiasi dengan napi tidak berjalan mulus.

"16 orang tewas, mayoritas di antara mereka merupakan dihukum karena kejahatan serius," ujar jaksa penuntut umum Bernardo Gonzales, dilansir AFP, Kamis (12/10/2017).

"Jenazah para korban memiliki berbagai macam luka, akan sulit menentukan kematian mereka akibat tembakan atau bukan, sebelum dilakukan autopsi," imbuh juru bicara pemerintah Aldo Fasci.

Fasci menambahkan pihak berwenang menggunakan pasukan untuk mencegah bentrokan meningkat, dan mengakhiri ribut antargeng di dalam lapas. 26 orang mengalami luka-luka dalam peristiwa tersebut. Dua di antaranya merupakan polisi dan tiga lainnya merupakan sipir penjara.

Cadereyta berada di pinggiran Monterrey, kota terbesar ketiga di Meksiko. Lapas Meksiko memang sering rusuh, terjadi pembunuhan dan tahanan kabur, khususnya mereka yang terlibat dalam gerombolan narkoba. Mayoritas penjaranya penuh sesak.

Insiden yang terjadi pada 2016, disebabkan persaingan antargeng dan mengakibatkan 49 orang tewas di penjara Topo Chico, yang lokasinya juga berada di Nuevo Leon.
(ams/cim)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed