DetikNews
Sabtu 07 Oktober 2017, 14:32 WIB

Diculik Pria Bersenjata, Jurnalis Foto Meksiko Ditemukan Tewas

Rita Uli Hutapea - detikNews
Diculik Pria Bersenjata, Jurnalis Foto Meksiko Ditemukan Tewas Foto: Internet
Mexico City - Seorang jurnalis foto ditemukan tewas di Meksiko dengan luka-luka tembakan bersarang di tubuhnya. Temuan ini bisa membuat tahun 2017 sebagai tahun paling mematikan bagi para wartawan di negara yang marak kekerasan itu.

Jasad Edgar Daniel Esqueda ditemukan pada Jumat (6/10) waktu setempat dengan setidaknya tiga lubang peluru di bagian belakang lehernya. Pria berumur 23 tahun itu bekerja untuk media Metropoli San Luis dan Vox Populi SLP di negara bagian San Luis Potosi.

Kantor-kantor media tempat Esqueda bekerja telah melaporkan penculikannya pada Kamis (5/10) pagi waktu setempat. Pria muda itu diculik dari rumahnya oleh beberapa pria bersenjata.

Gubernur San Luis Potosi, Manuel Carreras mengatakan pada konferensi pers seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (7/10/2017), penyelidikan atas kematian Esqueda tengah berlangsung. Dia tidak menyebut apakah pembunuhan pemuda itu terkait dengan pekerjaannya sebagai jurnalis.

Menurut saksi mata, Esqueda menanyakan identitas para penculiknya ketika mereka mendobrak masuk ke dalam rumahnya, dan mereka menjawab bahwa mereka adalah polisi.

Namun kepolisian negara bagian San Luis Potosi menyatakan bahwa tak ada tindakan polisi apapun terhadap reporter di wilayah tersebut.

Dengan kasus kematian Esqueda, maka 2017 bisa menjadi tahun paling mematikan bagi para wartawan di Meksiko. Demikian menurut kelompok advokasi kebebasan pers dan jurnalis, Articulo 19. Disebutkan kelompok itu, jurnalis foto tersebut merupakan wartawan ke-11 yang dibunuh tahun ini.

Angka tersebut sama dengan angka total pada tahun 2016, yang merupakan angka tertinggi kematian jurnalis di negara yang marak dengan pembunuhan terkait narkoba tersebut. Dalam kurun waktu 17 tahun terakhir, sebanyak 111 jurnalis telah dibunuh di Meksiko.
(ita/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed