Tabrakan Kapal Nelayan China-Kapal Tanker, 13 Orang Ditemukan Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 06 Okt 2017 18:09 WIB
Ilustrasi (ebcitizen.com)
Beijing - Sedikitnya 13 nelayan China ditemukan tewas setelah kapal mereka bertabrakan dengan kapal tanker minyak milik Hong Kong di perairan internasional dekat Jepang. Tiga orang lainnya selamat dalam insiden ini.

Dituturkan sejumlah sumber pada Konsulat China di Osaka, Jepang seperti dilansir Reuters, Jumat (6/10/2017), 13 nelayan China dipastikan tewas setelah sebelumnya dilaporkan hilang. Identitas para korban tewas belum dirilis ke publik.

Sebelumnya, otoritas Jepang telah mengerahkan tiga kapal patroli untuk membantu operasi pencarian para nelayan China yang hilang.

Dalam insiden yang terjadi pada Kamis (5/10) pagi waktu setempat, kedua kapal bertabrakan di perairan berjarak sekitar 400 kilometer sebelah utara Oki Islands, tepatnya di Laut Timur. Tidak diketahui pasti apakah ada kerusakan pada kedua kapal itu. Penyebab tabrakan ini juga masih diselidiki.


Kapal nelayan seberat 250 ton milik China yang bernama Lurong Yuanyu 378 ini membawa 16 anak buah kapal (ABK). Sebanyak 13 orang di antaranya dipastikan tewas dan tiga orang lainnya ditemukan dalam keadaan hidup.

Sebelumnya dilaporkan 12 awak kapal nelayan ini hilang dan empat awak lainnya selamat.

Sementara kapal tanker berbendera Hong Kong bernama 'Bright Oil Lucky' yang berukuran lebih besar dari kapal nelayan itu, diketahui membawa 21 ABK. Dipastikan seluruh ABK kapal tanker seberat 63.294 ton itu selamat dalam insiden ini.

(nvc/ita)