DetikNews
Jumat 06 Oktober 2017, 10:48 WIB

Raja Salman Beli Sistem Pertahanan Udara dari Rusia

Ahmad Toriq - detikNews
Raja Salman Beli Sistem Pertahanan Udara dari Rusia Foto: REUTERS/Yuri Kadobnov/Pool
Moskow - Raja Salman berkunjung ke Moskow, Rusia, untuk pertama kalinya. Dalam kunjungan itu, Raja Salman membeli alutsista dari Rusia.

Dilansir dari Reuters yang mengutip televisi negara Saudi, Al Arabiya, Jumat (6/10/2017), ada sejumlah Memorandum of Understanding (MoU) bidang militer yang diteken Arab Saudi dan Rusia. Di antara kesepakatan yang dicapai adalah Rusia akan membantu Kerajaan Arab Saudi mengembangkan industri militernya.


Perusahaan ekspor impor alutsista Rusia, Rosoboronexport, dan perusahaan militer Kerajaan Arab Saudi, SAMI, meneken kerja sama pengadaan seperangkat sistem pertahanan udara Rusia, di antaranya S-400, Kornet-EM, TOS-1A, AGS-30, dan Kalashnikov AK-103. Namun tak disebutkan jumlah alutsista yang dibeli. Nilai kesepakatan itu juga tak disebut.

Vladimir Putin menjamu Raja Salman.Vladimir Putin menjamu Raja Salman. Foto: REUTERS/Yuri Kadobnov/Pool

Kesepakatan kedua negara terjadi karena adanya jaminan dari Rusia untuk mentransfer teknologi dan membantu pembangunan industri militer Saudi tanpa batas waktu. Kesepakatan-kesepakatan tersebut diteken selama kunjungan Raja Salman ke Moskow.


Kunjungan Raja Salman ke Moskow merupakan momen bersejarah bagi kedua negara. Raja Salaman adalah raja Arab Saudi pertama yang berkunjung ke negeri beruang merah itu.

Dari sisi politik, tak ada tanda-tanda kunjungan Raja Salman membahas krisis di Suriah. Seperti diketahui, kedua negara berbeda kubu dalam penanganan krisis Suriah.

Raja Salman dan Vladimir Putin.Raja Salman dan Vladimir Putin. Foto: REUTERS/Yuri Kadobnov/Pool

(tor/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed