DetikNews
Jumat 06 Oktober 2017, 09:57 WIB

Badai Nate Tewaskan 20 Orang di Amerika Tengah, Bergerak ke AS

Novi Christiastuti - detikNews
Badai Nate Tewaskan 20 Orang di Amerika Tengah, Bergerak ke AS adai Nate membuat sungai Masachapa meluap di Nikaragua (REUTERS/Oswaldo Rivas)
Managua - Badai tropis Nate menerjang kawasan Amerika Tengah hingga menewaskan sedikitnya 20 orang. Badai itu diprediksi akan semakin kuat saat bergerak mendekati Meksiko dan Amerika Serikat (AS).

Seperti dilansir AFP, Jumat (6/10/2017), korban tewas itu berasal dari Nikaragua, Costa Rica dan Honduras. Kosta Rika telah menyatakan situasi darurat nasional akibat badai ini. Sekolah-sekolah dan kantor pemerintahan setempat diliburkan.

Dampak dari badai ini, Costa Rica dan Nikaragua harus menghadapi tanah longsor, sungai meluap dan akses jalan yang terputus. Wakil Presiden Nikaragua, Rosario Murillo, menyebut sedikitnya 11 orang tewas akibat badai ini. Tujuh orang lainnya dilaporkan hilang.


Sedangkan otoritas Costa Rica menyebut enam orang tewas akibat badai ini. Empat orang di antaranya, termasuk seorang balita perempuan berusia 3 tahun, tewas setelah tertimpa pohon tumbang dan tanah longsor. Dua korban tewas lainnya merupakan petani muda. Selain korban tewas, otoritas Costa Rica juga melaporkan sekitar 15 warganya, termasuk awak dua kapal nelayan, menghilang saat badai menerjang.

Sementara itu di Honduras, otoritas setempat menyebut tiga orang tewas akibat badai ini.

Lebih dari 5 ribu orang di Costa Rica terpaksa mengungsi, setelah rumah-rumah mereka dilanda banjir dan berpotensi longsor. Puluhan ruas jalanan di Costa Rica ditutup sementara.


Badai tropis Nate ini menimbulkan hujan deras yang memicu banjir dan longsor. Pada Kamis (5/10) malam waktu setempat, badai ini terpantau berada di wilayah Honduras sebelah timur. Badai ini diprediksi bergerak mendekati Meksiko dan AS.

Pusat Prakiraan Badai Nasional AS memprediksi badai akan bergerak ke utara. Badai Nate akan melemah saat menerjang daratan namun kembali menguat saat masuk ke lautan. Diperkirakan badai ini akan menerjang Semenanjung Yucatan, Meksiko selatan pada Jumat (6/10) malam, kemudian melewati Teluk Meksiko dan menerjang wilayah AS bagian selatan, antara Lousiana dan Florida.

"Kami mengantisipasi akan terkena terjangan langsung," ujar Gubernur Lousiana John Bel Edward dalam konferensi pers.


Badai ini akan menjadi badai ketiga yang menerjang wilayah AS bagian selatan dalam dua bulan terakhir. Diketahui bahwa AS baru memulihkan diri dari dua badai besar, yakni badai Harvey yang menerjang Texas pada Agustus dan badai Irma yang menerjang Florida pada September. Badai kuat lainnya, badai Maria, menerjang Karibia pada akhir September. Dominica dan Puerto Rico yang merupakan wilayah AS terkena dampak parah.


(nvc/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed